Selamat Datang Di iLoveIndo4 - Kumpulan Artikel Menarik Dan Unik Seputar Manca Negara Dan Dalam Negeri. Selamat Menikmati.

Tuesday, July 10, 2018

9 Stadion Sepak Bola Terbesar di Dunia

9 Stadion Sepak Bola Terbesar di Dunia
Xodomino Berbicara mengenai sepak bola, tentu identik dengan lapangan dan fans. Penonton yang merupakan fans tiap club masing masing maupun timnas tentu akan memberi sorak dan semangat di sitadion. Bila sudah mengarah ke stadion, ada beberapa stadion di dunia yang memiliki bangunan paling megah dan besar tentunya dengan kapasitas tampung penonton yang banyak. Berikut adalah beberapa stadion terbesar di dunia.

9. Borg El Arab Stadium, Mesir (86.000)
9 Stadion Sepak Bola Terbesar di Dunia
Stadion yang juga dilengkapi dengan hotel yang dapat menampung 200 tamu dengan fasilitas gym dan kolam renang ini memiliki lintasan lari raksasa di sekeliling lapangan yang biasanya digunakan untuk acara atletik di musim panas.

Sebagai stadion terbesar kedua di benua Afrika dan markas tim nasional Mesir, Borg El Arab Stadium juga pernah menjadi tempat upacara pembukaan Piala Dunia U-20 2009 sekaligus menjamu negara Trinidad dan Tobago di laga pembukaan dengan kemenangan 4-1 untuk Mesir. 

8. Bukit Jalil National Stadium, Malaysia (87.411)
9 Stadion Sepak Bola Terbesar di Dunia
Stadion ini mulanya dibangun untuk pertandingan 1998 Commonwealth Games yang dimulai pada tanggal 1 Januari 1995. Dibangun oleh arsitek yang juga berasal dari Malaysia, stadion ini berhasil diselesaikan tepat 3 tahun setelahnya, yaitu pada 1 Januari 1998. Setelah 1998 Commonwealth Games selesai, Bukit Jalil National Stadium resmi menjadi markas bagi timnas Malaysia yang sebelumnya bermarkas di Merdeka Stadium. 

7. Gelora Bung Karno Stadium, Indonesia (87.411)
9 Stadion Sepak Bola Terbesar di Dunia
Sebagai stadion sepakbola terbesar ketiga di Asia yang berada di area Gelora Bung Karno Sports Complex, tidak heran bila stadion negara kita ini juga sering didatangi oleh para klub-klub ternama di dunia dalam rangka tur Asia. Beberapa klub besar dunia yang pernah merumput di sini antara lain Arsenal (2013), Chelsea (2013), Juventus (2014), Liverpool (2013), dan Roma (2015). Selain itu, Gelora Bung Karno Stadium juga sudah dipastikan menjadi tuan rumah bagi 2018 Asian Games dan 2018 AFC U-19 Championship dan merupakan satu-satunya stadion berstandar internasional di Indonesia. 

6. Wembley Stadium, Inggris (90.000)
9 Stadion Sepak Bola Terbesar di Dunia
Stadion ini menjadi markas timnas Inggris dan sekaligus rumah bagi klub Tottenham Hotspur hingga tahun 2018 mendatang. Stadion berkapasitas 90.000 penonton ini punya fasilitas yang unik loh. Di sini terdapat 2.618 toilet dan menjadi venue dengan jumlah toilet terbanyak di dunia. Wow!

Di samping kegunaannya sebagai lapangan pertandingan sepak bola dan berbagai pertandingan olahraga cabang lain, Wembley Stadium juga kerap digunakan sebagai tempat konser megah. Setiap tahunnya pasti ada penyanyi top dunia yang menggelar konser di sini, antara lain Adele, Beyoncé, Coldplay, Ed Sheeran, One Direction, Rihanna, dan masih banyak lagi.

5. Soccer City, Afrika Selatan (94.736)
9 Stadion Sepak Bola Terbesar di Dunia
Sebagai stadion terbesar di Afrika, Soccer City sebetulnya merupakan nama stadion yang diperoleh tepat sebulan sebelum Piala Dunia 2010 berlangsung. Hal ini dikarenakan nama resmi, First National Bank Stadium ditolak oleh FIFA yang tidak mengizinkan menggunakan nama sponsor sebagai nama stadion dalam acara resmi FIFA.  Soccer City juga merupakan markas bagi klub Kaizerchiefs serta menjadi tempat pertama Nelson Mandela melakukan pidatonya setelah keluar dari penjara di tahun 1990. Di sini pula Nelson Mandela muncul di publik terakhir kali sebelum meninggal dunia, tepatnya pada final Piala Dunia 2010 dan upacara peringatan Mandela pada 10 Desember 2013. 

4. Azadi Stadium, Iran (95.225)
9 Stadion Sepak Bola Terbesar di Dunia
Stadion yang berada di Azadi Sport Complex ini merupakan markas bagi Esteghlal FC, Pesepolis FC, dan tentunya tim nasional Iran.

Dibangun pada tahun 1970 sebagai tuan rumah 1974 Asian Games dan 1976 AFC Asian Cup, stadion ini punya desain yang berbeda bila dibandingkan dengan stadion pada umumnya, yaitu mampu 'mengeraskan suara' di dalam stadion.

Artinya, ketika stadion sedang penuh maka suara sorakan penonton akan begitu bising daripada yang seharusnya dan tentu saja hal ini menganggu kosentrasi tim yang sedang bermain dalam kondisi terbaik sekalipun. Karena hal ini, Azadi Stadium disebut-sebut sebagai most intimidating stadium in Asia.

Di samping itu, sejak tahun 2004 sebuah layar televisi raksasa (20 meter x 7,5 meter) telah ditambahkan menggantikan papan angka sebelumnya dan menjadi salah satu yang terbesar di dunia.

3. Estadio Azteca, Mexico (95.500)
9 Stadion Sepak Bola Terbesar di Dunia
Sebagai salah satu stadion terbesar di dunia, Estadio Azteca menjadi satu-satunya stadion yang pernah menjadi tuan rumah bagi pertandingan Piala Dunia selama 2 kali sekaligus stadion yang mengukirkan 3 momen bersejarah dalam dunia sepak bola.

Momen penting tersebut adalah 'Game of the Century' ketika Italia berhasil mengalahkan Jerman Barat (4-3) dalam waktu tambahan di salah satu pertandingan semifinal Piala Dunia 1970.

Stadion ini pun menjadi saksi 'Goal of the Century' dan 'Hand of God goal' oleh Diego Maradona pada perempat final Piala Dunia 1986 ketika Argentina melawan Inggris. 

2. Camp Nou, Spanyol (99.354)
9 Stadion Sepak Bola Terbesar di Dunia
Camp Nou merupakan stadion sepak bola terbesar di Eropa yang menjadi markas klub Barcelona FC dan Catalan team (timnas Spanyol).  Di dalam stadion ini juga terdapat FC Barcelona Museum sebagai museum dengan jumlah pengunjung terbanyak kedua di dunia (lebih dari 1,2 juta pengunjung setiap tahunnya) setelah museum Museu Picasso yang juga berada di Spanyol. 

1. Rungrado 1st of May Day Stadium, Korea Utara (150.000)
9 Stadion Sepak Bola Terbesar di Dunia
Stadion yang tidak hanya dipakai untuk pertandingan sepak bola ataupun cabang olahraga lainnya ini, setiap tahunnya juga digunakan untuk merayakan Arirang Festival.

Acara ini telah tercatat dalam Guiness Book of Record pada tahun 2007 sebagai acara terbesar untuk kategori festival yang juga menarik banyak turis berdatangan untuk melihat langsung festival ini. Baru-baru ini, stadion yang lebih dikenal dengan nama May Day Stadium ini digunakan sebagai tempat tuan rumah untuk 6 pertandingan penyisihan grup 2018 AFC U-23 Championship pada Juli 2017 lalu. 


Share:

0 comments:

Post a Comment

Postingan Populer

Pasang Iklan Murah
Pasang Iklan Murah
 
close
Banner iklan disini