Selamat Datang Di iLoveIndo4 - Kumpulan Artikel Menarik Dan Unik Seputar Manca Negara Dan Dalam Negeri. Selamat Menikmati.

Friday, July 20, 2018

Fakta Unik Seputar Kentucky Fried Chicken ( KFC )

Fakta Unik Seputar Kentucky Fried Chicken ( KFC )
Xodomino Makanan cepat saji yang satu ini tentu tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia. Bahkann, saat ini banyak sekali pedagang kaki lima menjual produk plagiat  yang menyerupai ayam goreng KFC. Kfc sendiri didiikan oleh Harland D. Sanders. Gerai KFC di indonesia sendiri tak terhitung jumlahnya. Biasanya, di mall stand penjual makanan pasti ada gerai fastfood yang satu ini. Walau agak mahal, tapi gerai makanan ini hampir tak pernah sepi pengunjung. Berbagai kalangan dan golongan masyarakat pasti pernah merasakan gurihnya ayam goreng dari gerai KFC. Berikut adalah beberapa fakta unik seputar KFC.


1. Pendiri KFC adalah Harland D. Sanders, seorang manajer SPBU yang lahir pada tanggal 9 September 1890.
Fakta Unik Seputar Kentucky Fried Chicken ( KFC )
2. Hingga saat ini Sanders lebih dikenal sebagai “Kolonel Sanders” dengan wajahnya yang menghiasi logo KFC.
3. Sebelum dinamai KFC, restoran Sanders dibuka diluar SPBU dengan nama “Sanders Court & Cafe”. Sanders & Café menambahkan sebuah motel dan memperluas restorannya hingga menampung 142 kursi.

4. Sanders belajar memasak sejak berumur 6 tahun. Saat itu ayahnya meninggal dunia dan ia harus menyiapkan makanannya sendiri karena ibunya bekerja.

5. Sanders sudah menjadi ahli masak saat berusia 8 tahun dan ia drop-out dari sekolahnya dalam usia muda. 
6. Sebelum mendirikan KFC, Sanders pernah bekerja sebagai petani, pemadam kebakaran, tentara, agen asuransi, dan anggota sekolah penerbangan.

7. Pada tahun 1930, Sanders mulai memasak ayam untuk para pelancong yang beristirahat di Corbin, Kentucky. 
8. Pada tahun 1939, Sanders menyempurnakan resep ayam gorengnya dengan 11 macam rempah.
9.  Baru pada tahun 1940 resep asli KFC pertama kali ditemukan. Resep asli Sanders sangat dirahasiakan dan disimpan di Louisville, Amerika Serikat.

10. Sanders selau berusaha menggunakan metode uniknya dan terus bereksperimen agar rasa ayamnya berbeda. Teknik memasak favoritnya adalah dengan pressure-cooking.

11. Sekitar tahun 1950, Sanders menawarkan waralaba bisnis ayamnya di Amerika dan Kanada dengan mengendarai mobil. Penawarannya ditolak lebih dari 1000 kali. Baru di restoran yang ke-1008 ia diterima untuk berbisnis bersama.

12. Pada tahun 1952, ayam goreng yang dijual dalam wadah ember pertama kali mulai dipasarkan.
13. Pada tahun 1955, Kentucky Fried Chiken, Inc resmi didirikan.
14. Pada tahun 1964 Sanders mulai menjual perusahaannya kepada para investor yaitu Jack Massey dan John Y. Brown Jr. 
15. Pada tahun 1965 Sanders menerima Horatio Alger Award dari American Asosiasi Sekolah dan Perguruan Tinggi.
16. Pada tanggal 17 Maret 1966, KFC menjadi perusahaan terbuka di bursa saham dan mulai mengembangkan bisnis ayam gorengnya dengan berbagai strategi pemasaran dan promosi.

17. Pada tahun 1969, KFC Corporation sudah terdaftar di New York Stock Exchange.
18. Ada lebih dari 3,500 waralaba dan restoran KFC yang beroperasi di seluruh dunia semenjak Heublein Inc mengakuisisi perusahaan ini di tahun 1971.

19. Pembukaan KFC National Traning Center. Co dimulai pada tahun 1978.
20. Pada tahun 1979, KFC sudah memasak hingga 2,7 milyar ayam dan terdapat 6.000 restoran KFC di seluruh dunia dengan penjualan lebih dari $ 2 miliar.

21. Pada tahun 1980 Sanders meninggal pada umur 90 tahun di Kentucky State Capitol setelah terserang penyakit leukemia. Ia dimakamkan di Louisville’s Cave Hill Cemetery. 

22. Saat Sanders meninggal, bendera di negara bagian Kentucky dinaikan setengah tiang selama empat hari.

23.Sanders pernah mendapatkan penghargaan kolonel dari gurbernur Kentucky, Amerika Serikat untuk jasanya yang besar di industri makanan. 

24. Pada tahun 1982, KFC sempat dibeli oleh Nabisco.

25. Pada tahun 1986, KFC bergabung dengan PepsiCo, Inc. PepsiCo, Inc juga mengembangkan restoran-restoran serupa KFC seperti Taco Bell dan Pizza Hut.

26. Pada tahun 1994, KFC membuka restoran yang ke-9000 di dunia yaitu di Shanghai, Cina.
27. Restoran KFC pertama dibuka di Malaysia pada tahun 1973 di Jalan Tunku Abdul Rahman.

28. Pada tahun 2007, KFC memutuskan untuk tetap menggunakan resep asli, tetapi menggoreng ayamnya dengan tipe minyak yang berbeda sehingga lemak berlebih dapat dikurangi untuk kesehatan yang lebih baik. Berkat minyak goreng baru, produk KFC mengandung Zero Trans Fat Gram per porsi.

29. Hingga saat ini franchise KFC terdapat di lebih dari 80 negara di seluruh dunia.
30. KFC dikonsumsi oleh 8 juta orang per hari di Amerika Serikat.
31. KFC menjadi salah satu penguasa pangsa pasar dengan menguasai 40% pangsa untuk kategori restoran junk food.
32. KFC hampir selalu diboikot oleh berbagai organisasi masyarakat, seperti PETA yang anti terhadap pelanggaran hak binatang.
33. Sebelum mematenkan merek dagang KFC, Kentucky Fried Chicken mendapat kecaman keras dari berbagai kalangan kritikus karena penggunaan kata “Fried” berkonotasi negatif karena makanan yang digoreng bukanlah makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Kata ‘Fried’ juga diprotes karena mengesankan seperti penyiksaan terhadap hewan. 

34. KFC sering dituntut karena menu masakannya tidak sehat dan bergizi. Proses penggorengan ayam KFC juga kerap diprotes karena dianggap membantai ayam secara brutal.
35. Nama Kentucky Fried Chicken akhirnya disingkat menjadi KFC karena konotasi kata “fried” terus diprotes dan dinilai tidak sehat oleh praktisi kesehatan di Amerika.

36. Pada tahun 1994, Kentucky Fried Chicken pernah mengubah nama perusahaannya menjadi Kitchen Fresh Chicken karena banyaknya tuntutan dari banyak pihak.

37. PT. Fastfood Indonesia adalah perseroan mengawali usaha warabala dengan pembukaan restoran KFC pertama pada bulan Oktober 1979 di Jalan Melawai, Jakarta. 

38. Hingga saat ini PT. Fastfood Indonesia memiliki 237 restoran di lebih dari 50 kota besar di Indonesia dan memperkerjakan sekitar 9.280 karyawan dengan total penjualan lebih dari Rp1,028 triliun pada akhir 2005.

39. Saham KFC di Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta sebesar 79,2% dimiliki oleh PT. Gelael Pratama (43,6%) dan PT. Megah Eraraharja (35,6%), dan sisa saham lainnya sebesar 20,8% oleh Publik (20%), dan Koperasi (0,8%). PT. Gelael Pratama adalah Kelompok Usaha Gelael sebagai pendiri KFC di Indonesia, sementara PT. Megah Eraraharja adalah anak perusahaan Kelompok Salim yang bergabung dengan Perseroan sebagai pemegang saham mayoritas pada tahun 1990.

40. Produk ayam goreng KFC paling lezat menurut berbagai survey konsumen di Indonesia adalah Colonel’s Original Recipe dan Hot & Crispy Chicken. 

41. Faktor penentu produk KFC dapat berkembang di Indonesia adalah karena konsumsi daging ayam jauh lebih tinggi daripada daging jenis lain di negara ini. 

42. KFC di Indonesia juga memenuhi selera konsumen lokal dengan membuat menu pilihan seperti Perkedel, Nasi, Salad dan Jagung Manis, serta produk lain-lain seperti Crispy Strips, Twister, dan Spaghetti. Menu-menu tersebut dapat berkembang dengan baik karena rasanya sesuai dengan cita rasa lokal. 

43. Konsumen KFC Indonesia juga dilayani dengan menu kombinasi yang hemat seperti KFC Attack dan Super Panas. Brand KFC Indonesia dikembangan melalui pengenalan produk-produk baru, produk lanjutan, dan promosi paket murah meriah. Pengembangan tersebut memberi kontribusi besar terhadap pertumbuhan pasar di Indonesia.



Share:

0 comments:

Post a Comment

Postingan Populer

Pasang Iklan Murah
Pasang Iklan Murah
 
close
Banner iklan disini