Selamat Datang Di iLoveIndo4 - Kumpulan Artikel Menarik Dan Unik Seputar Manca Negara Dan Dalam Negeri. Selamat Menikmati.

Friday, September 14, 2018

7 Festival Unik di Jepang Yang Hanya Ada Di Jepang

7 Festival Unik di Jepang Yang Hanya Ada Di Jepang
Xodomino Apa yang anda fikirkan mendengar kata Jepang ? Ya, mungkin akan sangat bervariasi pemikiran orang mendengar nama negara matahari terbit ini. Memang harus di akui, banyak trend dunia yang berasal dari negeri sakura ini. Misal saja anime, banyak pecinta anime di dunia yang menyukai anime buatan dari jepang. Adalagi Otomotif, Wisata, hingga dunia esek - esek. Jepang memang penuh dengan daya tarik yang memukau dunia. Di Jepang sendiri, ada beberapa festival yang sudah menjadi warisan yang membuat negara ini semakin menarik untuk di kunjungi. Berikut adalah festival unik di jepang.

1. Festival Salju Sapporo (Sapporo Yuki Matsuri)
7 Festival Unik di Jepang Yang Hanya Ada Di Jepang
Festival Salju Sapporo dikenal sebagai salah satu acara popular di Jepang. Festival ini dilaksanakan selama seminggu di di Sapporo, Hokkaido. Pada tahun 2018, festival ini akan berlangsung dari tanggal 6-12 Agustus. Dimulai sejak tahun 1950, awal mula festival ini berawal ketika siswa SMA di Jepang membangun beberapa patung salju di Taman Odori. Sejak saat itu, festival ini mulai berkembang hingga menjadi salah satu festival yang dinanti-nanti oleh warga lokal dan turis asing. Akan ada ratusan patung es yang ikut meramaikan festival ini. Selain menikmati keindahan patung-patung tersebut, kamu juga bisa menikmati berbagai pertunjukan seni dan makanan khas Hokkaido.

2. Festival Boneka (Hinamatsuri)
7 Festival Unik di Jepang Yang Hanya Ada Di Jepang
Setiap tanggal 3 Maret, masyarakat Jepang merayakan Hari Anak Perempuan dengan menempatkan serangkaian boneka khusus yang disusun berjajar. Perayaan atau festival unik di Jepang ini disebut Hinamatsuri atau Festival Boneka. Biasanya keluarga yang memiliki anak perempuan akan memajang serangkaian boneka yang menggambarkan upacara perkawinan tradisional di Jepang. Masyarakat setempat percaya bahwa boneka tersebut dapat menghilangkan roh jahat dan hal tersebut merupakan bentuk doa dari orang tua bagi kesehatan dan kehidupan anak perempuan mereka.

3. Festival Tiang Lentera (Kanto Matsuri)
7 Festival Unik di Jepang Yang Hanya Ada Di Jepang
Festival yang berlangsung dari tanggal 3-6 Agustus ini merupakan bentuk perayaan dengan harapan agar mendapatkan hasil panen yang melimpah. Saat puncak acara, kamu akan terkesan dengan penampilan dari para performers yang berhasil membawa dan menyeimbangkan sebuah tiang bambu yang tinggi. Tiang tersebut dipasangi lentera kertas yang tersusun ke atas hingga 12 meter. Bahkan tiang yang paling besar beratnya bisa mencapai 50 kg lhoh! Suara dari gendang dan seruling yang dimainkan oleh para pemain musik tradisional semakin memeriahkan festival ini.

4. Festival Salju Kamakura (Yokote no Yuki Matsuri)
7 Festival Unik di Jepang Yang Hanya Ada Di Jepang
Festival ini berlangsung pada tanggal 15-16 Februari setiap tahunnya di Kota Yokote. Akan ada banyak rumah salju berbentuk seperti igloo yang disebut kamakura dan tersebar di berbagai lokasi. Di dalam Kamakura tersebut terdapat sebuah altar salju yang dipersembahkan untuk Dewa Air dan tempat bagi masyarakat setempat untuk berdoa agar diberi air yang cukup.

5. Festival Lampion (Nebuta Matsuri)
7 Festival Unik di Jepang Yang Hanya Ada Di Jepang
Festival musim panas ini dilaksanakan di kota Aomori setiap tahun pada tanggal 2-7 Agustus. Hal yang menarik dari festival ini adalah adanya parade harian yang dipenuhi oleh lampion-lampion raksasa beserta para pemain musik tradisional dan penari. Panjang dari lampion tersebut dapat mencapai 9 meter dengan tinggi 5 meter. Biasanya lampion yang dibuat menggambarkan dewa dan tokoh sejarah dari kebudayaan Jepang dan China.

6. Festival Tari Awa (Awa Odori)
7 Festival Unik di Jepang Yang Hanya Ada Di Jepang
Awa Odori menjadi festival tari yang terpopuler di Jepang dan sangat dinantikan oleh para wisatawan. Festival ini terbagi dalam beberapa rangkaian acara yang dilaksanakan siang dan malam hati. Biasanya, acara utama akan berlangsung malam hari pada pukul 6 sore hinggal pukul 11.30. Para pemain musik tradisional mengiringi para penari dan mereka akan memenuhi jalanan kota Tokushima selama festival berlangsung. Festival ini diadakan setiap tahun dari tanggal 12-15 Agustus.

7. Festival Zaman (Jidai Matsuri)
7 Festival Unik di Jepang Yang Hanya Ada Di Jepang
Jidai Matsuri merupakan festival tahunan di Jepang yang berlangsung setiap tanggal 22 Oktober dalam rangka memperingati hari berdirinya Kyoto. Dibutuhkan waktu 2 jam untuk menyaksikan seluruh prosesi festival ini karena ada sekitar 2000 orang peserta yang meramaikannya. Mereka berparade menggunakan pakaian tradisional dalam sejarah Jepang.


Share:

0 comments:

Post a Comment

Postingan Populer