Selamat Datang Di iLoveIndo4 - Kumpulan Artikel Menarik Dan Unik Seputar Manca Negara Dan Dalam Negeri. Selamat Menikmati.

Tuesday, September 4, 2018

Fakta Unik ASIAN GAMES 2018

Fakta Unik ASIAN GAMES 2018
Xodomino Meski sudah lewat beberapa waktu lalu, euporia Asia Games 2018 tentu masih tertanam di benak kita. Atlet nasional kita yang memberi kontribusi terbaik mampu memperoleh medali emas yang di targetkan. Pencapaian ini tentu sangat luar biasa dan sangat di apresiasi oleh pemerintah. Namun, apa anda ada menonton pembukaan dan penutupan asian games kemarin ?. Sungguh, ini adalah tontonan yang luar biasa untuk di lewatkan. Di balik meriahnya acara dan euforia pada asian games lalu, ada beberapa fakta unik yang perlu anda ketahui seuptar ASIAN GAMES 2018.


1. Vietnam Seharusnya Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018
Fakta unik Asian Games pertama, ternyata tahu enggak Quipperian kalau awalnya Vietnam-lah yang seharusnya menjadi tuan rumah Asian Games ke-18. Hanoi, Vietnam terpilih setelah mengalahkan dua kandidat lainnya, Surabaya dan Dubai pada pemungutan suara di tahun 2012. Namun di tahun 2014, Vietnam mengundurkan diri dan Olympic Council of Asia (OCA) kemudian memilih Indonesia sebagai pengganti.

2. Dari Surabaya, Pindah ke Jakarta dan Palembang
Tadinya, Indonesia mengajukan kota Surabaya sebagai tempat penyelenggaraan Asian Games 2018. Di tahun 2012, Surabaya menempati peringkat kedua setelah Hanoi dengan total dukungan 19 suara. Setelah Hanoi mundur, OCA pun menunjuk Surabaya sebagai kota pengganti.

Namun, Surabaya akhirnya memutuskan mengundurkan diri karena telah terpilih menjadi tuan rumah Asian Youth Games 2021. Ibu kota Jakarta menjadi pengganti karena memiliki fasilitas olahraga yang lengkap, jaringan transportasi yang memadai, dan fasilitas penunjang lain seperti hotel dan penginapan untuk para atlet dan tamu negara. Sementara Palembang juga ditunjuk sebagai kota pendukung penyelenggaraan Asian Games 2018.

3. Pertama Kalinya Diadakan di Dua Kota
Karena baru pertama kali dalam sejarah diadakan di dua kota berbeda, maka hal ini juga menjadi salah satu fakta unik Asian Games, Quipperian. Jakarta kembali menjadi tuan rumah setelah terakhir kali menyelenggarakan Asian Games tahun 1962. Sementara, ini akan menjadi ajang Asian Games pertama bagi Palembang.

Walaupun sebagian besar pertandingan akan diadakan di Jakarta dan Palembang, beberapa venue di kota lain juga akan digunakan, seperti Stadion Jalak Harupat di Bandung, Stadion Pakansari di Bogor, hingga Bendung Rentang di Majalengka. Lalu, untuk pesta pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 akan diadakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

4. Ada 10 Cabang Olahraga Baru
Dari 40 cabang olahraga yang akan ditandingkan di Asian Games 2018, ada 10 cabang olahraga baru yang akan debut nih, Quipperian. 10 cabang olahraga tersebut adalah Rollersport (Rollerskate dan Skateboarding), Bridge, 3 on 3 Basketball, Jet Ski, Sport Climbing, Paragliding, Pencak Silat, Jiu Jitsu, Sambo, dan Kurash.

Hal yang menarik, eSports juga akan ikut ditandingkan, lho! eSports adalah satu dari dua cabang olahraga yang masuk demosport, sebagai ekshibisi. Selain eSports, satu olahraga lainnya adalah Kano Polo.

Masing-masing eSports ini akan digelar di Jakarta dan Palembang. Cabang olahraga ekshibisi ini nantinya tetap memperebutkan medali, tapi tidak masuk perhitungan dalam kontingen pemenang.

5. Tiga Maskot di Asian Games 2018
Asian Games 2018 bukan cuma punya satu maskot lucu nih, Quipperian, melainkan tiga sekaligus! Mereka adalah Bhin Bhin, Kaka, dan Atung. Selain lucu, ketiga maskot tersebut juga punya arti yang unik, dari bentuk hingga pakaian yang digunakan.

Bhin Bhin adalah seekor burung Cendrawasih (Paradisaea Apoda) yang merepresentasikan strategi. Bhin Bhin mengenakan rompi dengan motif Asmat khas Papua.

Sementara Kaka adalah badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus) yang merepresentasikan kekuatan, dengan pakaian tradisional bermotif bunga khas Palembang.

8. Pengisi Acara Luar Biasa
Pemerintah Indonesia mendatangkan salah satu girlband Korea Selatan, SNSD sebagai bintang tamu dalam countdown satu tahun Asian Games 2018 pada 18 Agustus 2018 lalu.

7. Kali ke Dua Menjadi Tuan Rumah
Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games sebanyak dua kali. Pertama kali Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Asian Games pada tahun 1962 yang digelar di Jakarta dan yang kedua ialah di tahun 2018.


Share:

0 comments:

Post a Comment

Postingan Populer