Selamat Datang Di iLoveIndo4 - Kumpulan Artikel Menarik Dan Unik Seputar Manca Negara Dan Dalam Negeri. Selamat Menikmati.

Sunday, October 7, 2018

Berbagai Fakta Unik Seputar Cabe Yang Mesti Anda Ketahui ( 1 )

Berbagai Fakta Unik Seputar Cabe Yang Mesti Anda Ketahui
iloveindo4u Mungkin anda sudah sangat familiar dengan makanan pedas. Ya, makanan pedas dapat membuat orang ketahigan saat memakannya. Selain rasa sedap, makanan pedas dapat memberi banyak manfaat bagi tubuh. Dibalik pedasnya cabai, jenis buah ini menyimpan banyak sekali fakta unik yang mungkin belum anda ketahui. Ada baiknya bila anda baca ini, mungkin hasrat anda untuk makan pedas akan meningkat.

1. Medline Plus menyatakan antioksidan dan vitamin C adalah 2 zat dominan yang ada pada cabe, khususnya cabe hijau.
2. Cabe juga berkhasiat mengurangi terjadinya penggumpalan darah (trombosis)
3. Tanaman cabe menjadi simbol kemakmuran masyarakat Amerika Latin. Karangan buah cabai kering, biasa disebut ristra, sering diletakkan di pintu rumah atau digantung di dekat jendela rumah.
4. Fluktuasi harga cabe terjadi dalam hitungan jam. Hal ini membuat sopir truk pengangkut cabe memacu truknya bagai pengemudi mobil F1 agar cabe cepat sampai di pasar.
5. Capsaicin atau zat pedas pada cabe digunakan juga untuk memperindah bulu dan menghangatkan tubuh burung sehingga tidak mudah flu.
6. Capsaicin atau zat pedas cabe dalam dosis tertentu dipercaya mampu mempertajam lidah burung sehingga menjadi aktif berkicau.
7. Antioksidan dan Vitamin C yang ada pada cabe, berguna banget untuk pembentukan zat kolagen yang bfungsi untuk mempercepat pemulihan bekas luka pada kuli.
8. Selain itu kandungan antioksidan pada cabe juga memperkuat kesehatan tubuh secara keseluruhan dan membantu tubuh melawan infeksi.
9. Vitamin C dan antioksidan dalam cabe selain melindungi tubuh, juga memperbaiki luka, mempertahankan kekuatan gigi, tulang, dan tulang rawan.
10. Tingkat kepedesan cabe dihitung dengan skala yang namanya SHU (Scoville Heat Unit)
11. Bhut Jolokia, sampai 12 Februari 2012 cabe terpedas, juga dibuat jadi serbuk bahan isian granat yang di India.
12. Dasyatnya pedas Bhut Jolokia sudah pernah dirasakan oleh boyband top asal Korea Selatan, Super Junior di salah satu reality show di Negara Ginseng tersebut.
13. Menurut para arkeolog, manusia sudah menggunakan bumbu pedas seperti cabe pada makanan mereka lebih dari 6 ribu tahun lalu.

14. Christopher Columbus menemukan cabe saat dia menemukan Benua Amerika pada abad 15.
15. Setiap tanggal 19 Agustus adalah Hari Makanan Panas dan Pedas Nasional di Amerika.
16. Kenapa cabe pedas? Karena cabe mempunyai zat capsaicin atau zat pedas cabe yang memang hanya ada di cabe.
17. Capcaisin itu sangat gampang dirasakan, meski konsentrasinya dalam makanan Cuma 1:1.000.000.
18. Beras dapat menghilangkan rasa panas di tangan sehabis mengolah cabai. Caranya: cuci tangan hingga bersih, keringkan kemudian masukkan tangan ke dalam beras dan remas-remas.
19. Cabe bisa tumbuh bebas di pekarangan dan hidup subur di wilayah tropis yang kering di ketinggian 0,5-1.250 m di permukaan laut.
20. Cabe bisa mengatasi radang beku atau frostbite yang sering terjadi di daerah ketinggian bersalju. Maka pada zaman VOC Belanda dulu cabe banyak diburu dan dikirimkan ke daratan Eropa yang bersalju.
21. Kandungan vitamin C cabe bisa menyembuhkan sariawan, dan berguna untuk menjaga kesehatan mulut dan pencernaan tubuh.
22. Cabe yang dikonsumsi secara teratur dalam kapasitas normal, bakal membantu mempercepat proses pencernaan.
23. Bagian rusuk cabe dan bijinya adala bagian yang terpedas. Bisa 16x lebih pedas dari keseluruhan cabe.
Cabe itu kaya vitamin, sumber baik dari beta karotin, kalsium, potassium dan bisa menurunkan kadar kolesterol.
25. Banyak makanan yang pedas bercabe memiliki khasiat menyembuhkan dan mengandung zat antimikroba.

26. Cabe, bawang putih, bawang merah dan oregano sudah terbukti bisa membunuh bakter dan menjadikan makanan lebih aman untuk dikonsumsi.
27. Waktu memegang khususnya yang belum pernah kita temui, lebih baik pakai sarung tangan. Karena beberapa minyak dari cabe bisa memicu reaksi alergi.
28. Ekstrak cabe rawit punya daya hambat terhdap pertumbuhan jamur Candida Abicans, yaitu jamur pada permukaan kulit.
29. Kandungan antioksidan cabe bisa digunakan untuk mengatasi ketidaksuburan, afrodisiak, dan memperlmbt proses penuaan.
30. Ekstrak capsaicin dari cabe digunakan sebagai isian semprotan senjata yg tidak mematikan.
31. Cabe kaya akan kalsium dan fosfor yang mengungguli ikan segar.

32. Mengatasi rasa pedas selain dengan produk susu juga bisa dengan produk berkasein seperti nasi putih dan roti tawar.
33. Cabe disebut juga rajanya dunia makanan, obat dan perawatan kecantikan. Cabe digunakan sebagai bahan dasar dari minyak gosok dan anti selulit.
34. Bangsa Afrika memiliki saus yang disebut Zulu Zulu Peri Peri. Tanpa pengawet terbuat dari cabe dan tomat. Resep ini sudah turun temurun selama 400 tahun.
35. Cabe dapat meredakan pilek dan hidung tersumbat karena capsaicin dapat mengencerkan lendir tersumbat dalam hidung, menjadikannya encer dan mudah keluar.
36. Cabe dapat meringkan keluhan sakit kepala dan nyeri sendi. Pedas dan panas yang ditimbulkan capsaicin menghadang pengiriman sinyal rasa sakit dari pusat sistem saraf ke otak.
37. Cabe dapat meningkatkan aliran darah dan meningkatkan kinerja seksual pria.
38. Beberapa kebudayaan memiliki kebiasaan memasukkan bubuk cabe ke dalam sepatu untuk membuat kaki mereka tetap hangat.
39. Saus Italia terbuat dari tomat, bawang putih, minyak zaitun tidak ketinggalan cabe, kadang ditambahkan ikan asin. Memasukkan spaghetti adalah keharusan.
40. Para samurai sering mengkonsumsi makanan pedas bercabe sebelum bertempur karena cabe dipercaya dapat menurunkan rasa takut.

41. Paprika merah memiliki kandungan vitamin C yang paling tinggi, hingga dua kali lipat.
42. Kadar betakaroten paprika merah lebih unggul dibandingkan dengan paprika hijau, 9 kali lebih besar.
43. Sebagian besar kandungan betakaroten cabe paprika terkonsentrasi pada bagian di dekat kulit.
44. Di Meksiko, sup yang sarat dengan cabe adalah obat khas yang digunakan untuk mengilangkan efek mabuk.
45. Cabe dapat tumbuh di kebun atau balkon. Cabe hanya perlu matahari, air setiap hari dan tingginya tingkat kelembaban.
46. Cabe berkerabat dengan dekat dengan terong, tomat dan ceri, karena cabe tergolong ke dalam buah-buahan.
47. Di daerah Afrika dan India, cairan yang memiliki kandungan cabe disemprotkan ke tanaman dan pagar kebun agar terhindar dari serangan gajah yang suka merusak perkebunan warga.
48. Cabe dapat membuat makanan lebih aman. Cabe dikenal mampu mengurangi bakteri dalam makanan.
49. Suku-Suku Amerika Kuno seperti Maya, Inca, dan Aztec percaya kalau cabe memiliki kekuatan mistis dan supranatural.
50. India adalah produsen dan pengekspor cabe terbesar di dunia yaitu 25% kebutuhan cabe di dunia berasal dari India n setelah itu adalah Meksiko.

51. Cabe menjadi rempah utama dalam pembentukan makanan seperti saos sambal hijau dan merah, salsa, bubuk cabe dan untuk obat seperti balsam, inhaler dan permen pengganti rokok.
52. Senyawa turmeric dalam makanan pedas, memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan sendi dan kerusakan tulang pada manusia, sehingga dapat bermanfaat bagi penderita radang persendian (arthritis).
53. Senyawa capsaicin dapat membunuh sel kanker dengan menyerang mitokondria, tanpa merusak sel-sel yang sehat.
54. Makanan pedas dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung serta meningkatkan kemampuan tubuh untuk melarutkan bekuan darah.
55. Mengkonsumsi cabe dapat membuat seseorang berkeringat sehingga mengurangi derita saat pilek dan flu.
56. Permen yang mengandung capsaicin juga dketahui diresepkan untuk pasien penderita kanker untuk mengurangi rasa sakit di mulut.
57. Warna ekstrak paling merah diambil dari cabe, kemudian digunakan pada lipstick, sampai memproses daging.
58. Lidah kita dapat bertambah toleransinya terhadap tingkat kepedasan. Jadi pada dasarnya kekuatan seseorang mengkonsumsi makanan pedas dapat dilatih. Tapi jangan terlalu memaksakan diri.

59. Daun cabe bisa digiling untuk dibalurkan di daerah yang sakit guna mengatasi sakit perut dan bisul.
60. Rasa pedas di lidah menimbulkan rangsangan ke otak untuk mengeluarkan endofin yang dapat menhilangkan rasa sakit dan menimbulkan perasaan lebih sehat.
61. Kayu manis, cabe bubuk dan garam bumbu adalah bumbu yang paling sering ditemukan di rumah-rumah di Amerika.
62. Satu sendok teh cabe merah bubuk sudah memenuhi kebutuhan vitamin A selama 1 hari.
63. Cabe dapat memperkecil risiko terserang stroke, penyumbatan pembuluh darah, impotensi dan jantung koroner.
64. Cabe mengandung banyak zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti Kalsium, Betakaroten, Zat Besi dan Potassium.
65. Menurut laporan Sekolah Medis Harvard tahun 2008, makanan yang kaya dengan vitamin C dan betakaroten sangat menunjang kesehatan yang lebih baik, salah satunya adalah cabe.

66. Sebuah vodka diciptakan dari cabai Naga Jolokia. Tingkat kepedasan vodka ini mencapai 100.000 skala Scoville, satuan internasional untuk mengukur rasa pedas cabe.
67. Minuman yang diberi nama Naga Chilli Vodka, dibuat dari proses fermentasi vodka dan 18 kilogram Naga Jolokia, yang sudah dalam bentuk bubuk. Dibutuhkan waktu selama beberapa minggu agar keduanya meresap.
68. Cabe merah liar sudah dikonsumsi di Mexico sejak 7000 SM, dan sudah ditanam di masa-masa awal tahun 5000 SM.
69. Dalam peradaban kuno suku Maya, Inca dan Aztec, cabe dijadikan sebagai mata uang.
70. Cabe ada juga yang digunakan untuk mengolah teh dan permen pelega tenggorokan.

71. Capsaicin atau zat pedas pada cabe digunakan pada koyo cabe untuk menghilangkan nyeri dan sakit pada persendian dan otot.
72. Cabe-cabe yang tumbuh di alam liar disebarkan oleh burung-burung karena burung tidak memiliki reseptor rasa panas atau pedas pada mulut mereka.
73. Suku Indian asli Amerika telah menanam cabe selama berabad-abad untuk kepentingan kuliner dan pengobatan.
74. Ide untuk mengkombinasi rasa manis dan pedas sudah ada sejak lebih dari 1000 tahun. Suku Maya adalah yang pertama menggabungkan rasa unik coklat dengan bubuk cabe dan madu sehingga menghasilkan rasa minuman coklat yang unik.
75. Sekarang, jenis olahan makanan manis-pedas sangat diminati dan menjadi salah satu aspek industri makanan yang menghasilkan keuntungan berlipat ganda.

76. India sebagai Negara terbesar penghasil cabe, pada tahun 1983 saja menurut The Times of India Directory and Yearbook menyatakan India memiliki 2.2 juta hektar lahan tanaman cabe.
77. The Chile Pepper Encyclopedia menyatakan bahwa bangsa Korea, khususnya Korea Selatan memiliki nilai konsumsi cabe per kapita tertinggi di dunia.
78. Bukan suatu kebetulan bahwa cabe, sawi putih dan bawang putih merupakan 3 hasil panen pertanian utama Korea Selatan. 3 jenis hasil pertanian ini menjadi bahan dasar pembuatan, makanan tradisional bangsa Korea, yaitu kimchi.
79. Cabe yang ditanam di Indonesia seringkali juga disebut dengan lombok.
80. Bubuk cabe dapat meningkatkan dan memperkaya rasa dan warna pada tiap makanan.

81. Zat capsaicin juga digunakan petani untuk melindungi tanaman baik cabe maupun tanaman lain dari jamur maupun serangga hama, namun tetap aman dan menghasilkan hasil pertanian yang terjamin.
82. Cabe yang telah dikeringkan dapat bertahan jauh lebih lama. Caranya mudah: bersihkan cabe dari semua tanah atau kotoran kemudian keringkan. Letakkan di atas nampah atau ikat dengan tali atau benang dan didiamkan di dalam ruangan dengan system ventilasi yang baik. Dalam waktu 1-2 minggu cabe akan mengering. Cabe tersebut dapat digiling atau ditumbuk untuk dimanfaatkan dalam berbagai cara.
83. Studi medis menyatakan bahwa cabe dapat menjadi peringan rasa sakit bagi penderita migrain dan sakit kepala akibat sinus.
84. Sebuah studi Universitas Duke menemukan bahwa kandungan capsaicin dapat menjadi obat untuk inflamasi usus besar. Kandungan yang sama dapat membantu membunuh bakteri dan membantu menghindari ulkus perut.
85. Makin pedas cabe, makin berkhasiatlah dia. Cabe akan makin pedas jika tumbuh di daerah pegunungan (min 200 m dpl), mendapatkan curah hujan dan terkena sinar matahari yang cukup selama 11-12 jam/hari.
86. Saat kepedasan, jangan minum minuman bersoda karena itu justru akan membuat rasa pedas dan panas di lidah lebih terasa.
87. Cabe dapat meningkatkan nafsu makan pengkonsumsinya. Ini disebabkan capsaicin dapat merangsang produksi hormone endorphin. Hormon ini mampu membangkitkan rasa nikmat dan kebahagiaan. Maka dari itu, nafsu makan bertambah.

88. Cabe kering dan cabe bubuk merupakan salah satu komoditi hasil pertanian yang dapat diekspor, atau dipasok ke industri besar pengolahan.
89. Cabe kering bubuk dapat diolah menjadi berbagai produk pangan seperti saus, sambal, atau bumbu lainnya.
90. Cabe kering merupakan salah satu produk cabe yang paling mudah pengolahannya. Cabe dijemur atau dikeringkan sampai kadar di bawah 5%. Setelah itu, cabe kering dapat dikemas dan dipasarkan, atau digiling sampai halus menjadi cabe bubuk sebelum dikemas dan dipasarkan.
91. Bubuk cabe juga bisa dimanfaatkan sebagai pengganti fungsi lada yang bisa memancing selera makan.
92. Ekstraksi bubuk cabe digunakan dalam pembuatan minuman ginger beer.
93. Bubuk cabe yang dicampurkan ke pakan ayam, bisa merangsang ayam yang enggan bertelur menjadi rajin bertelur.
94. Selain mengandung capsaicin, cabe pun mengandung semacam minyak asiri, yaitu capsicol. Minyak asiri ini dapat dimanfaatkan untuk menggantikan fungsi minyak kayu putih.
95. Untuk makanan atau masakan pedas, kebanyakan memilih cabe rawit dan cabe keriting karena kadar airnya lebih sedikit sehingga zat pedasnya per 100 gr lebih banyak dari cabe jenis lain.
96. Menurut dr Prapti Utami, seorang konsultan herbal dan pengelola tanaman obat keluarga EVERGREEN, Bintaro Jaya, Tangerang, Cabe Jawa (piper retrofractum) dapat menjadi penyembuh penyakit karena mengandung unsur kimia yang berkhasiat menghilangkan nyeri (analgesik), peluruh keringat (diaforetik), dan peluruh kentut (karminatif, stimulan, dan afrodisiak). 
97. Polisi di India menggunakan pasta cabe bhut jolokia atau dalam bentuk bubuk untuk dijadikan gas air mata sehingga bisa digunakan untuk membubarkan para perusuh dan para demonstran yang melanggar peraturan.

98. Sebuah sumber mencatat bahwa dari abad 12 hingga 17, bumbu pedas oriental merupakan komoditi yang memiliki nilai profit terbesar dalam perdagangan rempah Eropa.
99. Tidak ada larangan mutlak bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi cabe. Demikian juga bagi wanita yang sedang datang bulan, tetap sah-sah saja jika ingin mengkonsumsi cabe. Namun yang perlu diingat jangan juga sampai berlebihan.
100. Ada sebuah jenis cabe yang dinamakan ‘banana pepper’ karena bentuk dan warnanya yang menyerupai pisang. Cabe jenis ini biasanya sering dijadikan acar.










Share:

0 comments:

Post a Comment

Postingan Populer