Selamat Datang Di iLoveIndo4 - Kumpulan Artikel Menarik Dan Unik Seputar Manca Negara Dan Dalam Negeri. Selamat Menikmati.

Sunday, October 7, 2018

Berbagai Fakta Unik Seputar Cabe Yang Mesti Anda Ketahui ( 2 )

Berbagai Fakta Unik Seputar Cabe Yang Mesti Anda Ketahui
iloveindo4u Berikut adalah Berbagai Fakta Unik Seputar Cabe Yang Mesti Anda Ketahui.
101. Indonesia ternyata juga merupakan salah satu negara pengimpor cabe dari India. Selain Indonesia, negara-negara seperti USA, Kanada, Inggris, Saudi Arabia, Singapura, Malaysia, Jerman dan beberapa negara lainnya di dunia.
102. Penelitian Universitas Tasmania yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition pada Juli 2006 menyatakan bahwa setelah mengkonsumsi cabe, jumlah insulin yang dibutuhkan untuk menurunkan level gula darah setelah makan berkurang secara mengejutkan sebanyak 60%.

103. Capsaicin atau zat pedas cabe juga menjadi alternatif penangkal efek samping yang tidak menyenangkan yang jamak terjadi pada obat penghilang rasa sakit pada umumnya
104. Vivek Singh, seorang eksekutif chef di The Cinnamon Club, sebuah restoran India di London menyarankan, “Jangan pernah makan hidangan pedas dalam keadaan perut kosong, selalu pastikan perut Anda terisi sedikit, meski hanya dengan sepotong roti.”
105. Ian Rothwell (55) menjadi orang yang mampu melahap habis 'Widower Curry', sebuah kari super pedas yang pedasnya mencapai 6.000.000 SHU. Widower Curry ini dihidangkan di Grantham's Bindi Indian Restaurant. Hidangan ini juga berisi 20 cabe super Naga Infinity. Kari ini juga membutuhkan treatment khusus saat memasaknya. Para chef harus memakai kaca mata google dan menggunakan masker karena hidangan ini terlalu pedas dan cukup membahayakan.

106. Membantu pembakaran kalori hingga 25%
107. Beberapa ahli percaya, cabai dapat menjadi stimulan bagi sirkulasi tubuh. Ini membantu untuk membantu sistem pencernaan tubuh, membantu dalam proses pembersihan dan detoksifikasi, dan mempromosikan keringat berlebihan yang juga baik untuk detoksifikasi.
108. Para penikmat atau ‘pecandu’ cabe secara tidak langsung sangat menikmati ‘lepas’nya endorphin setiap kali mengkonsumsi cabe.
109. Sejarah menulis bahwa di China, ada sebuah bumbu spesial yang disebut Rayu atau Layu, sangat populer di dunia. Sangat populer umumnya di restoran China, Korea, Jepang, Meksiko, dan Timur Jauh menggunakan bumbu spesial ini. Rayu adalah cabe yang diolah dengan minyak sayur, atau minyak wijen dan bahkan cuka. Selain dapat menambah cita rasa makanan yang diolah, tentu juga akan menambahkan nilai nutrisi pada makanan tersebut.

110. Anggapan bahwa biji cabe merupakan bagian terpedas dari cabe adalah suatu miskonsepsi yang kurang tepat. Bagian terpedas cabe terdapat di placenta atau semacam batangan kapas yang dikelilingi oleh bijian cabe. Jika placenta ini disingkirkan, maka kamu bisa mengunyah dan memakan cabe tersebut tanpa merasakan sensasi terbakar atau panas yang terlalu, ditambah dengan sensasi manis seperti pada buah-buahan.
111. Ketika cabe dikeringkan dan mengeras, placenta itu biasanya cenderung pecah, berevaporasi, dan menempel pada biji dan kulit cabe. Maka dari itu pedasnya cabe akan menetap berbeda dengan saat cabe masih segar.

112. Pilihlah cabe segar yang memiliki warna solid, jelas dan nampak bercahaya, dan kulitnya kencang. Pilih juga yang memiliki ujung tangkai yang agak keras dan segar. Hindari memilih cabe yang berkeriput, memiliki bagian yang lembek dan bernoda hitam.
113. Menurut situs hotelclub.com ada 5 menu makanan terpedas di dunia yaitu di urutan pertama adalah Shrimp Cocktail di St. Elmo Steak House, Indiana, 2. Phall Curry, 3. Vindaloo Pork, 4. Sichuan Hot-Pot, dan 5. Neua Pad Prik (Thai Pepper Steak)
114. Situs divinecaroline.com menyatakan bahwa menyukai makanan-makanan pedas bukanlah bawaan lahir atau muncul begitu saja dari dalam diri seseorang, melainkan dari seberapa banyak orang tersebut terpapar oleh makanan-makanan tersebut dan kebudayaan. Maka dari itu ketahanan lidah seseorang terhadap rasa pedas didapatkan dari ‘latihan demi latihan’.
115. Rasa pedas sebenarnya bukanlah rasa panas sebenarnya melainkan iritasi. Capsaicin atau zat pedas cabe adalah penyebab terjadinya rasa panas iritasi.

116. Penyuka pedas atau orang-orang yang terbiasa menyantap makanan pedas secara sadar atau tidak, akan selalu ingin mencoba makanan yang lebih pedas dan pedas. Seakan mengetes limit atau batas kekuatan menahan pedas. Dan justru hal ini membuat tingkat toleransi lidah terhadap rasa pedas semakin meningkat.
117. Bagi seni masakan Padang, cabe bahkan dianggap sebagai "bahan makanan pokok" ke sepuluh. Sangat sulit bagi masakan Padang dibuat tanpa cabe.

118. Cabe merupakan salah satu komoditas sayuran yang banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia karena memiliki harga jual yang tinggi.
119. Salah satu kendala utama dalam sistem produksi cabe di Indonesia adalah adanya serangan lalat buah pada buah cabai. Hama ini sering menyebabkan gagal panen. Laporan Departemen Pertanian RI tahun 2006 menunjukkan bahwa kerusakan pada tanaman cabe di Indonesia dapat mencapai 35%.

120. Buah cabe yang terserang lalat buah atau Bactrocera carambolae sering tampak sehat dan utuh dari luar tetapi bila dilihat di dalamnya membusuk dan mengandung larva lalat.
121. Karena gejala awalnya yang tak tampak jelas, sementara hama ini sebarannya masih terbatas di Indonesia, lalat buah menjadi hama karantina yang ditakuti sehingga dapat menjadi penghambat ekspor buah-buahan maupun pada produksi cabe.
122. Jika ingin membuat cabe kering sendiri, pilihlah cabe yang masih segar sendiri. Jangan membeli cabe yang sudah dibungkus atau ditempatkan dalam wadah yang siap dibeli. Dengan memilih cabe segar sendiri, kita dapat memilih cabe satu persatu dengan lebih teliti

123. Cabe Trinidad Scorpion Moruga Blend memiliki rasa buah yang lembut dengan sensasi kombinasi pedas dan manis.
124. Januari-Juli merupakan masa yang tepat jika ingin menanam biji Cabe Trinidad Scorpion Moruga Blend di daerah Amerika Utara.
125. Sensasi Cabe Trinidad Scorpion Moruga Blend memiliki sensasi pedas yang unik. Cabe ini seperti memiliki sensasi pedas yang makin lama makin terbangun. Jadi pedas, semakin pedas, makin pedas, dan makin pedas lagi. Sangat menantang!

126. Rangkaian cabe terpanjang di dunia menurut Guiness Book of World Record adalah sepanjang 1.395 m dibuat oleh warga Suncheon, Korea Selatan. Rangkaian cabe ini dibuat dari 29.037 cabe merah . Sekitar 2.533 warga Suncheon, berpartisipasi dalam mengukir rekor dunia ini. Rekor ini dicatat pada 11 Oktober 2008.
127. Sebuah daerah di China, bernama Sichuan selain terkenal karena hasil cabenya yang melimpah ruah, ternyata juga memiliki kuliner khas bernama Ayam Sichuan yang diolah dengan begitu banyak cabe sehingga begitu difavoritkan karena rasanya yang pedas mantap.

128. Cabe banyak mengandung beragam vitamin dan mineral baik, namun cabe sama sekali tidak memiliki kandungan kolesterol.
129. Dua sendok teh cabe bubuk menyuplai 6% Vitamin C dan lebih dari 10% kebutuhan vitamin A dalam satu hari.
130. Vitamin A pada cabe juga disebut sebagai vitamin anti infeksi.
131. Vitamin A pada cabe yang memiliki anti infeksi berfungsi sebagai penghalang pertama bakteri-bakteri pathogen yang biasanya masuk ke tubuh manusia.
132. Capsaicin atau zat pedas pada cabe adalah antioksidan alami dan membantu melindungi melawan penyakit yang disebabkan oleh racun.
133. Studi terkini yang dilakukan oleh WHO mengindikasikan bahwa negara-negara yang memiliki banyak kandungan capsaicin dalam makanan keseharian mereka menunjukkan penurunan signifikan kematian akibat kanker. Hal ini dapat dibandingkan dengan negara-negara yang lebih sedikit mengkonsumsi kandungan capsaicin dalam makanan mereka.

134. Capsaicin pada cabe juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri H. plyori, semacam bakteri yang dapat menyebabkan bisul.
135. Selain kaya dengan vitamin dan mineral, cabe juga kaya akan serat yang baik bagi pencernaan.
136. Seorang wanita bernama Anandita.D. Tamuly asal Assam, India berhasil mencatatkan namanya di Guiness Book of Record dengan memakan 51 buah Bhut Jolokia hanya dalam waktu 2 menit. Proses pencatatan rekor Anandita ini disaksikan oleh Chef terkenal asal British, Gordon Ramsay.
137. Skala SHU atau Scoville Heat Unit atau Skala Scoville diciptakan oleh Wilbur Scoville pada awal abad ke-20.
138. Sebuah studi di Singapura menyatakan mengkonsumsi cabe dalam jumlah wajar secara rutin dapat menurunkan resiko tukak lambung sebesar 53%.

139. Menggunakan cabe dalam mengolah masakan akan memperkaya rasa dan memberikan efek ‘nendang’ pada olahan masakan.
140. Dua studi yang dilakukan di Australia memberikan kabar baik bagi para pecinta cabe. Mengkonsumsi cabe secara rutin dapat mencegah penumpukan kolestrol dalam darah. Ini berarti resiko hipertensi dapat ditekan.
141. Mike Smith, pemilik tanaman Tom Smith di United Kingdom, mengembangkan tanaman cabe bernama Dragon's Breath yang rasa pedasnya dapat mematikan. Cabe ini tidak direkomendasikan untuk dimakan, namun digunakan sebagai obat bius untuk orang-orang yang alergi terhadap anestesi biasa.
142. Species cabai baru bernama Dragon's Breath mampu memecahkan rekor dengan para periset di University of Nottingham. Cabai ini memiliki skala pedas sebesar 2.480.000 SHU. Tentunya mengalahkan tingkat kepedasan cabe Trinidad Scorpion Moruga Blend yang memiliki skala pedas sebesar 2.009.231 SHU.

143. Profesor Kesehatan bernama Jeejeebhoy berasal dari Universitas Toronto menyatakan bahwa tidak ada penelitian yang menyatakan menyantap makanan pedas berbahaya bagi perut Anda. Justru memakan makanan yang memiliki rasa pedas yang sedang adalah untuk dinikmati cita rasa dan manfaatnya.
144. Chili Rodrigues sepertinya menyandang gelar sebagai cabai terkecil di dunia. Cabai ini berasal dari Pulau Rodrigues dekat Mauritius sebelah timur Madagaskar. Jenis cabai ini terkenal sangat pedas dan biasa digunakan untuk membuat berbagai jenis saos. Chili Rodrigues juga sering diolah menjadi acar dengan campuran jeruk nipis dan madu.
145. Di Amerika Serikat semua staff pos membawa semprotan cabai untuk bertahan dari serangan anjing dan serangan binatang lainnya.
146. Gajah membenci bau cabai. Petani di Afrika menggunakan cabai yang diletakkan di pagar untuk menjaga hasil panen mereka dari gajah.
147. Ikan tidak bisa merasakan rasa pedas, karena ikan tidak memiliki reseptor rasa sakit.
148. Perempuan Aztec percaya bahwa cabai bisa membuat kulit menjadi cantik.

149. Jumlah kandungan vitamin C pada cabai lebih tinggi dari pada jeruk.
150. Mencampurkan cabe di masakan yang memakai bumbu rempah-rempah, atau bahan makan kaya antioksidan seperti sayuran dan buah-buahan akan semakin meningkatkan manfaatnya.
151. Seorang arkeolog bernama Titi Surti Nastiti menyatakan bahwa cabai pada masa Jawa Kuno telah menjadi komoditas perdagangan yang langsung dijual. Bahkan menurut Nastiti dalam teks Ramayana dari abad ke-10, cabai juga sudah disebut sebagai salah satu contoh jenis makanan pangan.
152. Karena begitu cintanya dengan rasa pedas, masyarakat Sunda umumnya menanam berbagai macam cabe dan paprika di halaman rumah atau kebun mereka. Sehingga setiap saat bisa membuat sambal untuk disantap bersama.
153. Pada zaman penjajahan Hindia Belanda di Indonesia, para budak pada masa VOC yang mahir membuat sambal mendapatkan tempat ‘khusus’ karena disenangi para majikannya. Bisa jadi ‘harga pasaran’ mereka menjadi cukup tinggi.

154. Makanan khas Manado, Pisang Colo-Colo merupakan hidangan unik pisang goreng yang dicocol dengan sambal roa khas Manado.
155. Cabe segar adalah cabe yang terbaik digunakan untuk memasak. Kulitnya yang kuat tidak mudah terdisintegrasi saat dimasak. Cabe Poblano sangat dikenal karena kemampuan kulitnya yang bertahan saat dipanaskan
156. Cabe menempati urutan kedua setelah garam dalam urutan bahan makanan paling banyak dikonsumsi di dunia.
157. Bangsa-bangsa Meksiko dulu menggantungkan cabe dengan beragam warna di batang pohon Natal mereka
158. Red Hot Chili Peppers, sebuah band rock asal Los Angeles, Amerika menggunakan nama yang unik. Mereka menggunakan nama itu karena menggambarkan energi dan sensasi.
159. Sampai sekarang, tidak diketahui siapa yang berhasil “menciptakan” bubuk cabe pertama kali.

160. Keringat biasanya mengucur saat kita memakan makanan pedas hal ini disebabkan oleh mekanisme kerja otak yang memerintahkan tubuh untuk menurunkan suhu. Capsaicin yang mengirimkan signal ke otak jika tubuh sedang kepanasan.
161. Saat seseorang kepedasan seringkali wajah menjadi merah terutama di bagian pipi. Hal itu terjadi karena hipotalamus mengirimkan signal dilasi pada peredaran darah yang terletak di bawah permukaan kulit. Dilasi pada peredaran darah ini menghilangkan panas sehingga hasilnya suhu tubuh menurun. Maka dari itu, sensasi wajah yang memerah adalah respon lainnya dari tubuh terhadap capsaicin yang masuk ke dalam tubuh kita .
162. Oseng-oseng mercon, makanan yang dikenal cukup populer di Yogyakarta. Oseng-oseng ini diracik dengan resep pedas dari cabai rawit merah dengan perbandingan daging lima kilogram dan cabai rawit merah satu kilogram, sehingga akan terasa pedas bagi lidah yang menikmatinya .

163. Cabe segar sangat mudah rusak. Maka dari itu belilah cabe dalam jumlah yang tepat sesuai dgn kebutuhan agar tidak terbuang percuma.
164. Untuk menghindari resiko terbuangnya cabe karena sudah rusak akibat lama tidak terpakai, dapat menggunakan bubuk cabe atau cabe yang sudah dikeringkan.
165. Cabe bubuk, serpih atau cabe yang telah dikeringkan tetap memiliki rasa pedas yang enak dan baik. Justru kelebihan cabe yang telah mengalami proses pengeringan alami seperti ini membuatnya tidak mudah berjamur, sehingga dapat bertahan lebih lama dan tidak cepat rusak.
166. Cabe termasuk tanaman kebun yang mudah dikembangkan. Ada baiknya juga jika memang sering menggunakan cabe pada olahan masakan, dapat menanamnya sendiri di pekarangan rumah atau menggunakan pot.

167. Cabai rawit dapat membantu menghentikan pendarahan. Caranya bisa langsung ditaburkan pada luka atau dilarutkan dalam air dan direndam dengan perban.
168. Mengonsumsi cabai bisa menjadikan mood lebih stabil dan memberikan perasaan nyaman. Karena mampu meningkatkan hormon endorfin dan serotonin yang berlaku sebagai pelawan stres dan depresi.
169. Di US setiap tanggal 19 Agustus diperingati hari National Hot & Spicy Food Day dan International Hot & Spicy Food Day diadakan pada tanggal 16 Januari.
170. Mengonsumsi cabai dapat membantu menurunkan berat badan. Karena makan cabai dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membatasi keinginan untuk makan makanan berlemak dan gula.

171. Mengonsumsi cabai bisa mengatasi mabuk laut. Karena rasa pedas cabai bisa mengalihkan perhatian penderita mabuk.
172. Krim wajah yang terbuat dari cabai memiliki sifat ajaib untuk memerangi jerawat pada wajah dan masalah kulit kecil lainnya.
172. Mengonsumsi cabai adalah salah satu sensasi rasa paling intens yang dapat dinikmati. Ketika capsaicin atau zat utama yang terdapat dalam cabai tertelan, saraf sensorik dari mulut dan tenggorokan akan segera mengirim pesan ke otak. Lalu denyut jantung serta keringat akan meningkat seiring bertambahnya hormone endorphin.
174. Cabai Jalapeno adalah rajanya dari masakan Mexico. Nama Jalapeno diambil dari Jalapa, yaitu ibukota Negara bagian Mexico Veracruz.
174. Ekstrak cabai dapat memerangi penyakit kanker prostat, herpes dan diabetes.

176. Naga Viper adalah salah satu spesies cabai yang terbuat dari campuran rekayasa genetika dan varietas yang paling kuat, dan ditanam di dalam rumah kaca Inggris. Ketika dimasak di pub lokal, mereka yang berani mencobanya harus menandatangani surat pernyataan. Karena penciptanya tidak bertanggung jawab atas segala risiko yang dialami. Dan sampai saat ini, belum ada seorang pun yang berhasil menghabiskannya.
177. Nama cabe atau chili dalam bahasa Inggris tidak ada hubungannya dengan Negara Chile. Ejaan nama cabe dari berbagai negara berbeda-beda, antara lain chili, cabai, atau chillie. Namun di Perancis cabai disebut piment, piemento di Spanyol, dan peperoncino di Italia.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Postingan Populer