Selamat Datang Di iLoveIndo4 - Kumpulan Artikel Menarik Dan Unik Seputar Manca Negara Dan Dalam Negeri. Selamat Menikmati.

Tuesday, October 9, 2018

Fakta Unik Caviar, Salah Satu Makanan Termahal Yang Pernah Ada

iloveindo4u Kaviar adalah salah satu jenis makanan laut termahal yang pernah ada. Kaviar yang berasal dari ikan sturgeon ini tentunya menjadi santapan konglomerat dan orang kaya, mengingat makanan ini sangatlah mahal. Di balik mahalnya kaviar, makanan ini terdapat banyak fakta unik. Apa saja ? Berikut adalah fakta unik Kaviar yang kami sajikan sebagai informasi untuk anda semua.

1. Salah satu makan tertua di dunia
Jauh sebelum kaviar menjadi sajian utama di perjamuan kerajaan-kerajaan dunia, makanan satu ini sudah menjadi incaran sejak zaman Yunani kuno. Pemburuan terhadap kaviar telah ada sejak zaman nenek moyang hingga hari ini. Sehingga kaviar dinobatkan sebagai makan tertua yang disandingkan bersama tiram.

2. Diperoleh dari laut dalam
Keberadaan kaviar tidaklah mudah. Bersumber dari ikan sturgeon, biasanya kaviar baru bisa diperoleh setelah menyelam ke laut dalam. Pemburuan terhadap kaviar ini bahkan mengancam populasi ikan sturgeon. Jenis ikan dengan panjang 13 kaki masuk dalam kategori hewan langkah hampir punah.

3. Rusia, negara pertama yang mengenalkan kemewahan kaviar
Kaviar dan Rusia adalah dua hal yang tidak terpisahkan. Bahkan, Rusia dinobatkan sebagai negara yang mempelopori popularitas kaviar. Keberadaan kaviar sebagai makanan yang sangat dihargai bermula dari ketertarikan para aristokrat pada masa Batu Khan (1205 - 1255). 

Pemimpin Mongolia kala itu telah memerintahkan pejamuan makanan dengan menu kaviar. Generasi dari Jenghis Khan ini sangat menghargai keberadaan telur ikan tersebut.

4. Disajikan dalam keadaan segar tanpa dimasak
Tektur kaviar terbilang unik, berbutir tapi akan lumer setelah masuk ke mulut. Rasanya sendiri seperti telur ikan pada umumnya, sedikit amis, dan gurih. Pantangan utama dari kaviar adalah suhu ekstrem terlalu panas atau dingin. Suhu berlebih akan merusak teksturnya. Makanya dalam setiap penyajian, kaviar akan dibiarkan segar tanpa dimasak.

5. Mahal Karena Ikan Sturgeon Sangat Langka
Sama seperti truffle putih, telur ikan sturgeon atau kaviar adalah salah satu bahan makanan paling mahal di dunia. Semakin tua usia ikan sturgeon, semakin mahal harga kaviar yang dihasilkannya. Caviar beluga yang dihasilkan dari ikan sturgeon beluga asal Kaspia mampu mencapai usia 18 hingga 20 tahun. Tak heran jika harga caviar sangat mahal dan ketersediaannya di dunia menjadi sangat langka. Akan tetapi, harga caviar terus menurun dalam beberapa tahun terakhir karena kemajuan dalam budidaya ikan sturgeon. Budidaya tersebut memungkinkan pemilik industri caviar untuk mendapatkan ikan sturgeon secara ternak, bukan hasil buruan dari alam bebas.

6. Gold Laced Caviar Adalah Yang Termahal
Fakta Unik Caviar, Salah Satu Makanan Termahal Yang Pernah Ada
Reputasi caviar sebagai salah satu hidangan paling mahal di dunia memang tidak terkalahkan. Gold Laced Caviar, caviar paling mahal yang ada di pasaran saat ini dijual seharga $ 113.630 per kilogram. Caviar tersebut berasal dari ikan sturgeon yang berusia lebih dari seratus tahun. Pakar kaviar mengatakan bahwa semakin tua usia ikan sturgeon maka tekstur kaviar akan semakin empuk dan harganya semakin mahal. Meskipunckaviar umumnya berwarna hitam, tetapi gold laced caviar memiliki warna emas.

7. Sangat Mudah Untuk Membedakan Kualitas Caviar
Kualitas caviar bisa Anda perhatikan beradasarkan spesies, warna, rasa, tekstur dan bahkan suara. Caviar berkualitas memiliki warna mulai dari kuning keemasan sampai abu-abu gelap, coklat atau hitam. Telur caviar jangan sampai menjadi lembek atau memiliki aroma amis. Meskipun mudah pecah, tetapi penyajiannya tidak boleh pecah sebelum mencapai lidah Anda. Caviar harus pecah di dalam lidah dan bisa menghasilkan rasa yang manis, seperti mentega dan nutty. Selain itu, percaya atau tidak, caviar berkualitas akan menghasilkan suara mendengkur apabila digesekan satu sama lain.

8. Caviar Dipercaya Bisa Menjadi Obat Depresi
Caviar adalah bahan makanan bergizi yang bisa digunakan sebagai obat depresi. Kaya akan kalsium, fosfor, protein, selenium, zat besi, magnesium, vitamin A, C, D, B6, B12 dan B2. Kaviar juga mengandung asam amino esensial seperti lisin, isoleusin, metionin, argin dan histidin. Menurut data gizi, satu sendok makan Caviar mengandung satu gram asam lemak omega-3 yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung.

9. Ikan Sturgeon Tidak Harus Dibunuh Untuk Diambil Caviar-nya
Fakta Unik Caviar, Salah Satu Makanan Termahal Yang Pernah Ada
Untuk mendapatkan kaviar, bagian perut ikan sturgeon akan disobek sehingga menyebabkan ikan mati. Hal tersebut mengakibatkan beberapa dari 26 spesies sturgeon terancam punah. Namun California Caviar Company telah bermitra dengan Angela Köhler, salah satu ahli biologi kelautan terkemuka di Eropa, untuk mengembangkan Vivace, Caviar pertama di dunia yang dipanen menggunakan metode ekstraksi telur tanpa membunuh ikan sturgeon. Caranya yaitu dengan memijat secara khusus bagain perut ikan sturgeon betina dewasa hingga semua telurnya keluar

10. Kaya nutrisi
Fakta Unik Caviar, Salah Satu Makanan Termahal Yang Pernah Ada
Bila soal nutrisi, kaviar memang makanan yang paling tepat. Satu 10 gram atau satu sendok teh kaviar mampu memenuhi kebutuhan vitamin B-12 orang dewasa. Belum lagi kandungan kalori, lemak, karbohidrat, protein, serat, dan natrium yang melimpah. Makanan ini sangat baik untuk perkembangan otak anak, daya tahan tubuh, dan antioksidan yang baik dalam melawan pertumbuhan tumor dan kanker. 

11. Tidak boleh disajikan dalam wadah logam
Fakta Unik Caviar, Salah Satu Makanan Termahal Yang Pernah Ada
Selain mewah, makanan ini memang terbilang cukup "rewel". Kaviar tidak boleh disajikan menggunakan wadah yang terbuat dari logam. Sebab, hal itu akan merusak rasa aslinya. Jadi biasanya, kaviar disajikan dengan wadah kaca dan kayu.

12. Harga yang fantastis
Faktor utama yang membuat kaviar dijual dengan harga fantastis adalah sulitnya proses memperoleh telur ikan tersebut. Sebab, keberadaan kaviar tiidak mudah diperoleh sepanjang tahun. Ada waktu tertentu untuk mendapatkannya, bergantung pada kondisi suhu dan alam.

Selanjutnya, yang membuatnya semakin mahal adalah proses panen dari ovarium ikan sturgeon serta pengolahan terperinci. Hal ini ditujukan untuk menjaga kualitas kaviar tetap segar. Biasanya proses ini melalui waktu berbulan-bulan.

Dilansir dari Amazon, harga kaviar rata-rata Rp35 juta untuk per 250 gramnya. Itu belum termasuk kaviar jenis terbaik, seperti beluga yang harganya mencapai ratusan juta rupiah, ada jenis tertentu dengan harga hingga mencapai milliyaran.






Share:

0 comments:

Post a Comment

Postingan Populer