Selamat Datang Di iLoveIndo4 - Kumpulan Artikel Menarik Dan Unik Seputar Manca Negara Dan Dalam Negeri. Selamat Menikmati.

Friday, October 5, 2018

Fakta Unik Susu Yang Sebaiknya Anda Ketahui

Fakta Unik Susu Yang Sebaiknya Anda Ketahui
iloveindo4u Susu menangandung nutrisi yang tinggi. Tentu dengan tingginya nutrisi akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Susu sapi juga sangat membantu dalam pertumbuhan anak. Bahkan, kini susu di produksi dalam berbagai varian rasa agar mudah di konsumsi bagi mereka yang sulit mengkonsumsi susu murni.

Namun tahukan anda fakta unik di balik susu sapi? Berikut adalah sedikit fakta unik mengenai susu sapi.
1. Ternyata, secara rata-rata sapi mampu memproduksi susu lebih banyak ketika sapi mendengarkan musik.
2. Anda tentu tahu bahwa susu merupakan satu-satunya minuman yang paling banyak memiliki kandungan nutrisi alami yang berlimpah
3. Sama seperti manusia, ternyata sapi belum bisa menghasilkan susu sebelum melahirkan.
4. Susu segar ternyata bisa membantu menghilangkan rasa pedas dimulut karena kandungan casein yang ada di dalamnya.
5. Mesin pemerah susu ditemukan pada tahun 1894. Sebelum itu, peternak hanya mampu memerah 6 sapi dalam 1 jam. Kini, peternak dapat memerah lebih dari 100 sapi dalam 1 jam.
6. Ternyata konsumsi susu itu sudah dari jaman nenek moyang. Tercatat sudah sejak 10.000 tahun yang lalu nenek moyang kita mengonsumsi susu.

Manfaat susu sapi sangatlah baik bagi tubuh. Tak heran, ada orang yang menjadikan susu sebagai minuman rutin. Biasanya susu banyak di konsumsi di pagi hari sebagai pelengkap sarapan. Susu memiliki banyak sekali manfaat namun juga dampak dan pengaruh bagi tubuh, berikut beberapa di antaranya.

1. Susu membantu pemulihan kondisi tubuh setelah sakit 
Susu dapat membantu pemulihan pasca sakit karena mengandung protein, kalsium, dan fosfor. Protein dalam susu dapat membentuk sel atau jaringan baru, sehingga membantu proses pemulihan.

2. Minum susu sebelum tidur membuat tidur lebih nyenyak
Hormon yang dibutuhkan untuk membuat tidur tenang. Asam amino ini akan memicu atau menginduksi tidur dengan menaikan serotonin. Hormon serotonin berperan penting untuk membuat orang rileks dan tidur.

3. Minum obat tidak boleh dengan susu
Susu mengurangi absorbsi antibiotik dalam tubuh, sehingga menghambat penyerapan tubuh terhadap komponen tertentu di dalam obat, misalnya zat besi. Beberapa obat seperti antibiotik mengandung tetrasiklik yang bereaksi dengan susu. Contoh lain, kandungan kalsium dalam susu dapat mengganggu efektivitas obat tiroid. 

4. Susu membuat gigi rusak
Konsumsi susu apalagi di malam hari dapat merusak gigi. Kenapa? Karena saat tidur terutama malam hari, produksi saliva atau air liur secara otomatis berkurang. Nah, berkurangnya saliva inilah yang menjadi sarana bagi kuman di mulut berkembang dan mengubah susu menjadi asam. Asam ini yang menjadi awal pemicu terbentuknya lubang/karies gigi. 

5. Susu menyebabkan diare
Bagi mereka yang mengalami intoleransi laktosa, bila mengonsumsi susu yang mengandung laktosa memang dapat menyebabkan diare. Untuk orang yang mengalami hal ini, dapat memilih susu yang tak mengandung laktosa, misalnya susu kedelai. 

6. Susu membuat kulit halus
Susu mengandung vitamin A dan D yang membantu membuat kulit halus dan sehat. Selain itu, mineral penting seperti zat besi, kalsium, dan tembaga dalam susu dapat meningkatkan kesehatan dan kekuatan sel kulit. Protein dan zat besi pada susu dapat memperlambat proses penuaan, asam laktat pada susu berperan melembapkan kulit dan mendorong tumbuhnya sel kulit baru yang sehat. 










Share:

0 comments:

Post a Comment

Postingan Populer