Selamat Datang Di iLoveIndo4 - Kumpulan Artikel Menarik Dan Unik Seputar Manca Negara Dan Dalam Negeri. Selamat Menikmati.

Wednesday, October 31, 2018

Makanan Yang Sering Disediakan Beberapa Negara Dalam Acara Ulang Tahun

iloveindo4u Sebagai momen yang hanya diperingati setiap setahun sekali, tidak heran jika banyak orang kemudian menganggap ulang tahun sebagai sebuah perayaan istimewa. Selain ucapan selamat dan doa kebaikan, ulang tahun juga kerap disertai dengan sajian lezat untuk disantap bersama-sama. Jika umumnya kue tart dipilih untuk menyemarakkan hari jadi, maka pengecuali untuk enam negara di bawah ini. Beberapa hidangan spesial ini bahkan tak jarang memiliki sejarah dan makna luhur yang belum banyak orang tahu. Berikut adalah enam sajian ulang tahun yang unik dan lezat dari berbagai penjuru dunia.

1. Miyeokguk – Korea Selatan

Meski telah diselimuti oleh gaya hidup modern, namun khusus untuk hal-hal yang berkaitan dengan usia dan keselamatan hidup, banyak orang Korea masih mempertahankan tradisi leluhur. Untuk memperingati hari ulang tahun, biasanya masyarakat Negeri Ginseng menyantap Miyeoguk, yakni sejenis sup yang terbuat dari bahan dasar lembaran rumput laun, di mana menggambarkan doa untuk kelancaran rezeki. Untuk isiannya, biasanya sup ini mengandalkan aneka jamur atau kerang-kerangan.


2. Fruit Pie – Rusia

Mengingat cuacanya yang cenderung dingin sepanjang tahun, tidak heran jika kemudian masyarakat Rusia sangat memuja musim panas yang dianggapnya sebagai pertanda harapan baik. Semangat musim panas menjadi acuan untuk merayakan berbagai momen istimewa, tidak terkecuali ulang tahun. Biasanya, masyarakat di Negeri Beruang Merah akan menyajikan pie buah sebagai hidangan utama, di mana isian dan topping buah segar merupakan perlambang untuk berkah yang lebih baik di satu tahun ke depan.


3. Birthday Breakfast – Ghana

Kebiasaan masyarakat Ghana merayakan ulang tahun sangatlah unik, karena umumnya digelar di pagi hari, sesaat sebelum mulai beraktivitas. Di hari kelahirannya, orang-orang Ghana biasanya akan menyiapkan sarapan spesial di pagi hari dengan menyajikan beragam hidangan lezat yang jarang disantap setiap harinya. Meski begitu, ada dua komponen utama yang wajib tersedia dalam ritual ini, yakni telur rebus dan yam (sejenis umbi) tumbuk, di mana melambangkan harapan akan kelancaran rezeki.


4. Mie Panjang Umur – China

Sudah sejak lama mie memainkan peranan penting dalam budaya kuliner China sehingga tidak heran jika masyarakat Negeri Tirai Bambu memasukkannya ke dalam filosofi hidup mereka. Mengingat bentuknya yang panjang dan bertekstur cenderung licin, mie kemudian dianggap sebagai perlambang umur panjang dan rejeki melimpah. Oleh karenanya, mie kerap disajikan sebagai hidangan spesial di kala ulang tahun. Semakin panjang mie yang dimakan, maka semakin panjang pula doa yang kemungkinan terkabul. Biasanya, mie untuk perayaan ulang tahun disajikan dalam kuah gurih dengan tambahan telur resbu sebagai perlambang kesuburan.


5. Fairy Bread – Australia

Meski sederhana, terdiri dari potongan roti tawar panggang yang diolesi oleh mentega terbaik dan kemudian ditaburi sprinkle warna-warni yang bercita rasa manis, namun makna yang dikandungnya sangatlah mendalam. Roti panggang melambang betapa masyarakat Australia dituntut bekerja keras untuk meraih hasil terbaik di hidupnya, sedangkan sprinkle warna-warni adalah respresentasi dari doa untuk mendapat hasil terbaik dari segala upaya yang dilakukan dalam menjalani hidup.


6. Nasi Tumpeng – Indonesia

Kehadiran nasi berbentuk kerucut yang disertai lauk pauk pilihan ini, begitu sarat makna filosofis yang indah. Secara etimologi dalam masyarakat Jawa, ditemukan bahwa kata 'tumpeng' merupakan akronim dari kalimat 'yen meTu kudu meMPENG'," yang berarti "ketika keluar harus sungguh-sungguh semangat". Maka tak heran jika nasi tumpeng memiliki bentuk kerucut yang merepresentasi konsep ketuhanan dengan sesuatu yang besar dan tinggi, dan berada di puncak. Selain itu, bentuk yang menjulang ke atas juga menyimbolkan harapan agar tingkat kehidupan manusia semakin ‘tinggi’ alias sejahtera.


Share:

0 comments:

Post a Comment

Postingan Populer