Selamat Datang Di iLoveIndo4 - Kumpulan Artikel Menarik Dan Unik Seputar Manca Negara Dan Dalam Negeri. Selamat Menikmati.

Monday, November 5, 2018

Fakta Kopi Dari Berbagai Macam Olahan Seluruh Penjuru Dunia

iloveindo4u - Sebagai warga Indonesia Kita pasti bangga atas kopi Indonesia, karena memang Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbaik di Dunia. Bahkan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Thrillist.com membuktikan bahwa indonesia adalah negara ke-7 penghasil kopi terbaik di dunia dengan ekspor hingga 11.7 juta karung kopi pada tahun 2013 lalu. Dan sebagai warga Indonesia, tidak ada salahnya bagi kita untuk mengenal berbagai olahan populer dari salah satu komoditas terbesar kita ini.

1. Espresso

Adalah sebuah kopi yang diolah dengan cara melakukan press dan memaksa air panas untuk bertemu dengan kopi dan keluar melalui lubang lubang kecil sehingga mengeluarkan ekstrak kopi yang cukup kental. Kopi espresso pada umumnya jauh lebih kental dibandingkan dengan metode pembuatan kopi lainnya, serta memiliki konsentrasi kelarutan paling tinggi dibanding kopi yang dibuat dengan cara lain serta memiliki crema (sebuah buih mirip cream) di bagian atasnya. Espresso juga adalah jenis kopi dengan tingkat perbandingan jumlah kafein per porsi paling tinggi. Maka dari itu espresso umumnya dihidangkan dalam porsi kecil, bahkan hanya setengah dari cup umumnya

2. Macchiato

Macchiato atau Caffè Macchiato yang juga kadang disebut sebagai espresso macchiato adalah sebuah espresso yang ditambahkan dengan sedikit susu, baik susu biasa maupun susu yang sudah dibuat berbusa. Dalam bahasa italia, macchiato berarti ternodai, dimana dalam hal ini berarti menodai sebuah espresso dengan sedikit susu.


3. Latte

Pada dasarnya Latte dan macchiato cukup mirip, namun yang membedakan adalah proporsi susu yang diberikan. Pada umumnya Latte menggunakan susu panas yang telah dibuat berbuih dan dituangkan pada espresso sehingga memiliki ketebalan susu hingga minimal 1 cm diatas permukaan kopi. Secara bahasa sendiri Latte atau Caffe Latte berarti kopi susu, cukup mirip ya gan dengan kopi khas indonesia.


4. Cappuccino

Lagi lagi cappucino sebenarnya adalah sebuah kopi yang serupa dengan Latte yang membedakan hanyalah komposisinya saja. Sebuah Cappuccino haruslah memiliki komposisi ⅓ Espresso, ⅓ susu panas, dan ⅓ buih susu, yang dapat juga ditambahkan bubuk kayu manis sebagai topping. Cukup berbeda ya kopi yang satu ini dengan biasa kita temukan berupa kopi instan di pasaran.


5. Mocha Coffee

Pada dasarnya adalah sebuah kopi yang dibuat dengan biji kopi moka, dimana biji kopi ini memang memiliki rasa alami yang cukup mirip dengan coklat. Demi meningkatkan rasa kopi asal Yemen ini beberapa Mocha Coffee memang sengaja ditambahkan serbuk cokelat demi meningkatkan rasa coklat pada kopi tersebut.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Postingan Populer

Pasang Iklan Murah
Pasang Iklan Murah
 
close
Banner iklan disini