Selamat Datang Di iLoveIndo4 - Kumpulan Artikel Menarik Dan Unik Seputar Manca Negara Dan Dalam Negeri. Selamat Menikmati.

Monday, November 19, 2018

Fakta Seputar Makanan Cepat Saji McDonald's Yang Belum Anda Ketahui

iloveindo4u Sebagian besar orang di indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan gerai makanan cepat saji McD.Ya, McDonald adalah salah satu  gerai makanan cepat saji terpopuler di dunia. Ya, saat ini mungkin di tiap negara sudah ada gerai fastfood yang satu ini. Rasa dari makanannya yang bersahabat dengan siapapun membuatnya di sukai di berbagai negara. Namun, di balik besarnya McDonald, ada banyak fakta unik yang harus anda ketahui. Berikut beberapa fakta unik McD yang perlu anda ketahui.

1. McDonald's termasuk dalam jenis perusahaan publik dengan produk makanan cepat saji terbesar di dunia.
2. Simbol saham McDonald's adalah NYSE: MCD, Dow Jones Industrial Average Component.
3. McDonald's didirikan tanggal 15 Mei 1940 di San Bernardino, California, Amerika Serikat.
4. McDonald's Corporation didirikan tanggal April 15, 1955 di Des Plaines, Illinois, Amerika Serikat.
5. Pendiri McDonald's adalah Dick dan Mac McDonald pada tahun 1940. Ray Kroc kemudian membeli dan memperluas bisnis ini ke seluruh dunia.

6. Kantor pusat McDonald's terletak di Oak Brook, Illinois, Amerika Serikat.
7. Chairman & CEO McDonald's saat ini adalah James A. Skinner
8. Pada Januari 2010, terdapat 400,000 karyawan yang bekerja di McDonald's. 
9. Hot dog adalah menu pertama yang dijual McDonald's. 
10. Ada menu yang berbeda-beda di setiap McDonald's di berbagai negara. McLaks yang berupa sandwich salmon terdapat di Norwegia. Maharaja Macs dengan daging kambing dan McAloo Tikki burger terdapat di India yang mayoritas umat Hindu. Menu nasi hanya ada di McDonald’s Indonesia, Filipina, dan Thailand.

11. Speede adalah maskot pertama McDonald's. Ronald McDonald menggantikannya pada tahun 1963.
12. Dua busur berwarna kuning adalah lambang resmi McDonald's. Lambang ini digunakan sejak 18 November 1968 dan dipajang di luar restoran-restoran McDonald's di seluruh dunia.

13. 15 April 1955 adalah hari lahir resmi McDonald's. Di tanggal tersebut Ray Kroc membeli lisensi waralaba McDonald's dari Dick dan Mac McDonald di Des Plaines, Illinois.

14. Pada tanggal 23 Februari 1991, restoran McDonald's pertama di Indonesia dibuka di Sarinah, Jakarta.
15. Hingga saat ini restoran McDonald's Indonesia masih mengimpor daging sapi Australia karena industri peternakan lokal belum mampu mencukupi standar.

16. McDonald’s Indonesia melarang bahan makanan tanpa sertifikasi halal untuk masuk ke dalam menunya. 
17. Beberapa gerai McDonald's Indonesia pernah berubah nama menjadi Tony Jack's Indonesia sejak 1 Oktober 2009. Tony Jack's Indonesia bangkrut tahun 2010.

18. Restoran cepat saji pertama yang menawarkan menu sarapan adalah McDonald’s Indonesia. National Breakfast Day dirayakan tanggal 18 Maret 2013 dengan pembagian Egg McMuffin kepada 1.000 pelanggan pertama yang datang.

19. Pada tahun 1999-2003, slogan McDonald's di Indonesia adalah “Manalagi selain di McD...”. Sejak tahun 2003, slogan tersebut berubah menjadi “I'm lovin' it”.

20. 14045 adalah nomor yang dapat dihubungi untuk memesan McDonald's Indonesia via telepon.
21. Orang Amerika menjadikan McDonald's sebagai simbol globalisasi dan gaya hidup sehingga kadang-kadang disebut sebagai  “McDonaldization”.

22. Setiap tahun McDonald's di Amerika mempekerjakan 1 juta karyawan.
23. Lebih dari 68 juta pelanggan datang ke restoran McDonald's setiap hari sehingga penghasilannya  per hari mencapai US$ 75 juta.
24. McDonald's menyediakan berbagai souvenir mainan dan menjadi distributor mainan terbesar di dunia.
25. McDonald's adalah konsumen daging sapi terbesar di dunia. Karena itu, McDonald's sering mendapat kecaman dari para pemerhati lingkungan karena emisi metana sapi memberi konstribusi besar terhadap krisis pemanasan global dan bencana alam.

26. McDonald's juga mendapatkan kecaman karena menghasilkan ribuan ton bungkus makanan yang mengandung styrofoam sehingga butuh waktu lama agar bisa diuraikan oleh tanah. Pada tahun 1990, McDonald’s bekerja sama dengan Environmental Defense Fund untuk berhenti menggunakan bungkus makanan styrofoam. 20 tahun kemudian, McDonald’s baru mengumumkan bahwa mereka akan mencoba mengganti cangkir kopi styrofoam dengan bahan alternatif. 

27. Pendapatan McDonald's pada tahun 2010 mencapai US$ 24.075 milyar.
28. Laba usaha McDonald's pada tahun 2010 mencapai US$ 7.473 milyar.
29. Laba bersih McDonald's pada tahun 2010 mencapai US$ 4.949 milyar.
30. Jumlah aset McDonald's pada tahun 2010 mencapai US$ 31.975 milyar.
31. Jumlah ekuitas McDonald's pada tahun 2010 mencapai US$ 14.634 milyar.
32. McDonald's menjual lebih dari 75 hamburger per detik dan membuka restoran baru setiap 14,5 jam. 
33. Pada tahun 1991 McDonald's pernah menyebabkan penyebaran makanan beracun Inggris, bahkan beberapa orang menderita kerusakan serius pada kandung kemih mereka.

34. 7 juta ton makanan ternak sapi dibutuhkan untuk menghasilkan 1 juta ton daging sapi untuk produk-produk McDonald's.
35. Di Jerman dan negara-negara Eropa Barat lainnya, McDonald’s menjual bir. Di Selandia Baru, McDonald’s menjual pai daging setelah berafiliasi dengan restoran pie cepat saji bernama Georgie Pie pada tahun 1996.

36. McCafé diciptakan oleh McDonald’s Australia di Melbourne pada tahun 1993. Sampai akhir tahun 2003, ada lebih dari 600 gerai McCafé seluruh dunia. McDonald’s juga telah membuka restoran dan McCafé di ruang bawah tanah museum seni rupa Perancis, The Louvre .

37. McDonald telah menginvestasikan $ 1 milyar untuk mendesain ulang hampir 14.000 restorannya pada tahun 2015.
38. McHappy Day adalah acara amal tahunan di McDonald’s dari persentase penjualan selama sehari. Acara ini adalah penggalangan dana untuk Ronald McDonald House Charities. Pada tahun 2007, acara ini dirayakan di 17 negara yaitu Argentina, Australia, Austria, Brazil, Kanada, Amerika Serikat, Finlandia, Perancis, Guatemala, Hongaria, Inggris, Irlandia, Selandia Baru, Norwegia, Swedia, Swiss dan Uruguay .

39. Film dokumenter “Super Size Me” karya Morgan Spurlock di tahun 2004 menjelaskan bahwa makanan McDonald’s berkontribusi terhadap epidemi obesitas di masyarakat. Film ini juga menegur bahwa McDonald’s gagal untuk memberikan informasi gizi tentang makanan untuk para pelanggannya. Enam minggu setelah film ditayangkan secara perdana, McDonald’s mengumumkan bahwa perusahaan telah menghilangkan pilihan menu ukuran super dan menciptakan menu dewasa dalam bentuk Happy Meal.

40. Pada bulan Januari 2014, dilaporkan bahwa McDonald’s telah dituduh menggunakan serangkaian manuver untuk menghindari membayar pajak di Perancis. 

41. Pada bulan April 2014, dilaporkan bahwa McDonald’s menggunakan daging ayam yang diproduksi dengan menggunakan pakan ternak yang dimodifikasi secara genetik di Eropa sejak tahun 2001.

42. McDonald’s telah terlibat dalam sejumlah tuntutan hukum dan kasus hukum lainnya, sebagian besar adalah kasus yang melibatkan sengketa merek dagang. Perusahaan ini telah mengancam banyak bisnis makanan dengan tindakan hukum apabila mencantumkan nama “Mc” atau “Mac” di nama produk perdagangannya. McDonald’s bahkan pernah menggugat kafe Skotlandia bernama McDonald, meskipun bisnis yang bersangkutan telah berjalan lebih dari satu abad lamanya.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Postingan Populer