Selamat Datang Di iLoveIndo4 - Kumpulan Artikel Menarik Dan Unik Seputar Manca Negara Dan Dalam Negeri. Selamat Menikmati.

Sunday, December 16, 2018

21 Fakta Unik 'Nike Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

iloveindo4u - Sepatu merupakan salah satu treand fashion sekaligus kebutuhan setiap orang saat ini. Setiap orang pasti memiliki sepatu , mungkin saja hingga beberapa pasang. Ada banyak sekali brand sepatu yang sangat terkenal yang ada di dunia, salah satunya adalah Nike. Ya, dibalik model sepatu yang khas, Nike memiliki banyak sekali fakta unik yang mungkin banyak yang belum anda ketahui. Berikut adalah 21 fakta unik Nike yang mungkin belum anda ketahui.


1. Nike, Inc. termasuk perusahaan sepatu, pakaian dan alat – alat olahraga yang tidak pernah tanggung – tanggung dalam mengikat kerja sama dengan  atlit – atlit ternama. Terbukti, Nike mensponsori berbagai tim sepak bola dunia seperti Manchester United, Barcelona F.C, Arsenal, F.C Basel, Juventus, Inter Milan, Hertha BSC Berlin, Valencia C.F, Atletico de Madrid, Paris Saint – Germain, FC Porto, Boca Juniors, Urawa Red Diamonds, dan masih banyak lagi.

2. Nike punya persebaran toko di banyak negara, tapi yang terbesar ada di Inggris. Tepatnya toko tersebut berada di Oxford Street, London bro. Luasnya sendiri nyaris 4000 meter persegi

3. Michael Jordan tidak mau pakai Air Jordan 1, Alasannya adalah sneaker tersebut memiliki warna 'iblis'. Maksudnya, warna tersebut mengacu kepada warna khas saingannya, yang identik dengan warna hitam dan merah

4. Slogan "Just Do It" terinspirasi dari kisah pembunuh berantai Gary Gilmore. Saat dieksekusi tahun 1977, Gilmore punya kata-kata terakhir yaitu "Just Do It". Kata-kata inilah yang membuat Gilmore menjadi terkenal, dan menginspirasi Wieden untuk menjadikan kata-kata itu sebagai slogan dari Nike. 

5. Logo ikonik "Swoosh" yang ada di sepatu Nike didesain oleh seorang mahasiswa perempuan bernama Carolyn Davidson. Rupanya, logo itu dibeli seharga 35 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 470 ribu.

6. Awalnya, Nike dikenal dengan nama "Blue Ribbon Sports"
7. Iklan pertama nike Pada 1987, sebuah iklan televisi yang hadir dengan lagu dari The Beatles dengan lagu "Revolution #9".
8. Inspirasi nama  Nike adalah dewi Yunani yang bernama Dewi Nike. Sesuai kepercayaannya, Dewi Nike adalah lambang kemenangan.

9. Perusahaan Nike didirikan tahun  1964. Hal ini bermula ketika atlit sekaligus pengusaha Oregon bernama Philip Knight, membuat sepatu lari yang diimpor dari Jepang. Sepatu lari yang dibuatnya ini diharapkan bisa bersaing dengan merk Jerman seperti Adidas dan Puma, yang sudah lebih dulu mendominasi pasar Amerika. Dengan lokasi produksi yang berada di Jepang, sepatu lari milik Knight tentu dapat dijual dengan harga yang lebih murah.

10. Salah satu kompetitor Nike yang sempat menggoyahkan kestabilan perusahaan Nike adalah Reebok.
11. Nike memperluas pasarnya selain di Amerika Serikat, ia juga menyasar pada wilayah Eropa dan Asia. Jumlahnya cukup besar, untuk Amerika Serikat sebanyak 60%, Eropa 30% dan wilayah Asia 5%.

12. Produksi Nike di Korea Selatan dan Taiwan sudah ada sejak tahun 1972. Langkah ini kemudian diikuti oleh Adidas dan Reebok, karena tenaga kerja di dua negara ini cukup murah sehingga dapat memberikan keuntungan lebih bagi perusahaan.

13. Pada tahun 1980- an, terjadi pergolakan buruh di Korea Selatan. Adanya kasus ini membuat Nike memindahkan pabrik produksinya ke Thailand Selatan dan Indonesia.

14. Nike Indonesia beroperasi sejak tahun 1988.
15. Selain Philip Knight, salah satu pendiri Nike adalah Bill Bowerman, seorang pengajar dan pelatih di Sekolah Tinggi Medford.

16. Hingga kini, Nike memiliki lebih dari 700 toko resmi di seluruh dunia, dengan kantor di 45 negara besar di luar Amerika Serikat.

17. Nike memiliki pabrik – pabrik di wilayah Asia. Beberapa negara yang memiliki pabrik Nike antara lain Indonesia, China, Taiwan, India, Thailand, Vietnam, Filipina, Malaysia dan Pakistan.

18. Converse adalah anak perusahaan utama dari Nike. Dahulunya, Converse pernah diakuisisi pada tahun 2003 oleh Nike. Namun Nike kembali menjualnya karena Converse dirasa memiliki nilai jual yang khusus.

19. Nike selalu diterpa dengan isu miring eksploitasi pekerja
20. Di negara berkembang, produk palsu ataupun bajakan dari merk Nike menjadi pilihan utama bagi sebagian besar konsumen. 

21. Bagi Nike, pesaing terberat baginya adalah brand Adidas.
Share:
Location: Indonesia

0 comments:

Post a Comment

Postingan Populer