Selamat Datang Di iLoveIndo4 - Kumpulan Artikel Menarik Dan Unik Seputar Manca Negara Dan Dalam Negeri. Selamat Menikmati.

Friday, December 14, 2018

Masjid Di Indonesia Terbuat dari Kayu Ber Umur Ratusan Tahun

iloveindo4u - Sebagai negara yang didominasi muslim, mudah menemukan masjid di Indonesia. Mulai dari yang kecil biasa disebut langgar atau surau, sampai masjid Jami’ yang biasanya sebagai ikon suatu kota. Bahkan tidak sedikit yang menjadikan tempat ibadah ini sebagai destinasi wisata religi. Berikut terdapat masjid unik Indonesia, ada yang terbuat dari kayu maupun bambu. Di mana sajakah letaknya? Dibaca yuk ulasan berikut.


Masjid Asasi, Padang Panjang

Masjid unik Indonesia ini berlokasi di Nagari Gunung tepatnya Sigando, kota Padang Panjang, provinsi Sumatera Barat. Masjid Asasi merupakan yang pertama di Padang Panjang. Konon telah dibangun sekitar tahun 1702. Tempat ibadah umat Muslim dengan bentuk atap limasan alias tumpang dengan 3 buah undakan ini memiliki 3 motif ukiran dari Hindu, China, dan Minangkabau.


Hingga kini masjid ini tidak mengalami banyak perubahan. Hanya dahulu atapnya terbuat dari ijuk kini diganti seng. Bangunan masjid yang ditopang oleh 9 tiang ini, sebagian besar dari material kayu, dindingnya dipenuhi beragam motif bunga.


Masjid Kayu Tuatunu, Pangkal Pinang

Masjid Kayu Tuatunu ini berada di desa Tuatunu, kabupaten Pangkal Pinang, provinsi kepulauan Bangka Belitung. Dengan nama resmi Baitul Hajj, masjid yang waktu pengerjaannya sekitar 6 bulan ini terbuat dari kayu Cempedak dan Meranti. Jenis kayu yang kuat dan tahan rayap. Masjid unik di Indonesia satu ini memiliki 5 tiang penyangga yang difungsikan juga sebagai galeri untuk memajang barang antik dan alat permaian khas anak Bangka zaman dahulu.


Masjid Kuno Bayan Beleq, Lombok Utara

Masjid unik Indonesia selanjutnya terletak di Lombok Utara tepatnya desa Bayan, kecamatan Bayan. Masjid Kuno Bayan Beleq merupakan bangunan bersejarah, saksi masuknya agama Islam di Pulau Lombok. Masjid yang terletak di sebuah bukit serta dikelilingi beberapa cungkup makam para penyebar Islam ini terbuat dari anyaman bambu. Atapnya berbentuk tumpang dan lantai tanah dari batu kali. Bangunannya memang layaknya rumah tradisional masyarakat Bayan. Masjid ini telah berusia ratusan tahun, walau belum diketahui angka pastinya.


Masjid As-Shamad, Cirebon

As-Shamad merupakan salah satu masjid unik Indonesia yang berlokasi di Jalan Suratno nomor 31A gang Sepakat, kota Cirebon. Masjid As-Shamad yang mengusung konsep bangunan terbuka dengan atap tinggi ini menyebabkan angin sejuk masuk. Tempat ibadah umat Muslim ini terbuat dari bambu kuning, beratap ijuk, dengan dinding batu, disertai kerang sebagai hiasan. Bambu-bambu diikat dengan tali ijuk, bagian sekitar masjid pun ditumbuhi pepohonan. Dilengkapi pula dengan gazebo-gazebo untuk anak-anak mengaji.

Semoga menambah wawasan anda ,dan semoga ibadah kita seantiasa diteterima oleh sang pencipta.Masjid-masjid yang telah diulas di atas memang memiliki gaya bangunan unik. Namun tidak mengurangi fungsi utamanya sebagai tempat ibadah.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Postingan Populer